MotoGP Italia 2019 : Saatnya Rossi Dekatkan Jarak Dengan Marquez

Kamis, 30/05/2019 22:08 WIB

mobilinanews (Italia) - Tampil di kandang, Gran Premio d'Italia di Autodromo Mugello, pekan ini jadi race krusial buat Valentino Rossi.

Hasilnya bisa jadi tolok ukur apakah ia masih bisa bersaing berebut trofi sampai akhir musim atau tidak.

Sebagai pembalap tuan rumah, semangat Rossi akan didukung puluhan ribu penonton. Ia juga hapal seluruh bagian sirkuit dan punya racing line yang baku.

Tapi, itu tak cukup jika Yamaha tak mampu memberikan layanan yang dibutuhkan The Doctor, yakni perbaikan akselerasi motor yang selama ini dikeluhkannya.

Ia sudah memprediksi motornya akan kewalahan melawan Honda maupun Ducati di trek lurus Mugello. Tahun lalu, misalnya, Ducati finish 1-2 sedangkan Rossi di urutan 3.

"Tahun ini pun kelemahan kami masih di situ. Jika bisa diakali Yamaha, rasanya saya akan bisa menghibur fans yang selalu bergairah di sini," kata Rossi yang pegang rekor 7 kemenangan kelas primer di Mugello dan sejumlah podium.

Kemenangan adalah target, sepanjang keandalan Yamaha M1-nya mendukung.

Direktur Yamaha Massimo Meregalli pun sadar hal itu dan memerintahkan krunya untuk mensuplai tunggangan terbaik.

"Valentino selalu termotivasi, terlebih di sini. Kewajiban kami menyedikan motor yang sesuai harapannya," katanya.

Buat Rossi sendiri, Mugello sangat krusial untuk melangkah sampai akhir musim. Poin maksimal dibutuhkan untuk menipiskan jarak 23 poin dari Marc Marquez (Honda) di klasemen.

Peluangnya ada, antara lain karena Mugello bukanlah trek favorit Marquez. Sejak 2013 hanya sekali Marquez menang di sini, dan 2 kali bahkan DNF.

Jika 'boleh' mengabaikan Marquez, maka musuh utama Rossi adalah gerombolan Ducati yang sampai saat ini terbukti paling gagah di trek lurus dan selalu punya top speed terbaik.

Rossi sudah paham kelemahan dan kelebihan YZR M1 di Mugello. 

"Kami hanya butuh set up terbaik agar bisa kompetitif dan selanjutnya bertarung maksimal," lamjut Rossi. 

Pentingnya kemenangan Rossi bukan hanya buat Yamaha, tapi sekaligus untuk menjaga 'stabilitas' MotoGP agar tetap jadi tontonan menarik dan menguntungkan penyelenggara.

Dorna Sports selaku promotor pun akui itu, bahwa The Doctor masih punya magnet kuat menyemarakkan kompetisi. (rnp)

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok