Tol Cijago Seksi 2 Mulai Dibuka Perlancar Mudik Lebaran 2019

Selasa, 04/06/2019 00:10 WIB

mobilinanews (Jakarta)  - Guna mendukung kelancaran mudik Lebaran khususnya di Jawa Barat, Kementerian PUPR membuka ruas tol Cinere - Jagorawi Seksi II (Raya Bogor - Kukusan) sepanjang 5,5 km mulai dapat dilalui secara fungsional.

Pemberlakukan dimulai Senin, 3 Juni 2019 hari ini mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 10 Juni 2019 pukul 14.00 WIB. 

Dibukanya Tol Cijago Seksi II yang merupakan bagian Tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) akan terhubung dengan ruas tol Cijago Seksi I (Jagorawi - Raya Bogor) sepanjang 3,7 km yang beroperasi dengan tarif Rp4.500 (golongan I).

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, selama Tol Cijago Seksi II dibuka fungsional.

Untuk lalu lintas kendaraan dari arah Jagorawi menuju Margonda dan Kukusan, transaksi pembayaran di  Gerbang Tol keluar (off ramp pay), yaitu di GT Cisalak 2 (eksisting), GT Margonda 2 dan GT Kukusan 2.

Selanjutnya, yang dari Kukusan dan Margonda  menuju Jagorawi,  transaksi dilakukan di GT masuk (on ramp pay), yaitu di GT Kukusan 1, GT Margonda 1, dan GT Cisalak 1 serta GT Cisalak 3. 

Khusus GT Cisalak 4 dan GT Margonda 3 yang melayani lalu lintas arah Raya Bogor menuju Kukusan dan Margonda 1 (off ramp) dan GT Cisalak 3 (off ramp) tidak difungsikan. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya memperhatikan keutamaan pelayanan lalu lintas jarak jauh, sehingga pada Seksi Raya Bogor – Kukusan ini belum dikenakan tarif tol (gratis).

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR bersama PT. Translingkar Kita Jaya berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat pengguna jalan tol khususnya pada aspek keselamatan terhadap jalan tol yang di fungsionalkan pada ruas Cinere -Jagorawi Seksi II (Raya Bogor - Kukusan). 

Upaya yang dilakukan  pemasangan marka jalan, rambu lalu lintas, reflektor jalan tol yang memadai, serta petugas yang berjaga selama jalan tol ini beroperasi secara fungsional saat arus mudik lebaran.

Selain itu, juga telah dilakukan koordinasi bersama Korlantas Polri dalam menjaga keamanan dan kelancaran arus kendaraan di jalan tol ini.

Pembangunan Tol Cijago sepanjang 14,64 Km oleh PT Translingkar Kita Jaya terbagi menjadi tiga seksi.

 Tol Cijago Seksi I dimulai dari interchange Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor, Seksi II dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, dan Seksi III Kukusan ke Cinere.

Bila Seksi I dan II sudah tersambung dan sudah operasional akan mempersingkat jarak dan waktu kendaraan dari Jagorawi menuju ke Kota Jakarta dan Depok.

Kehadiran jalan tol ini akan mengurai kemacetan pada Jalan Margonda, Jalan Juanda, kawasan Kukusan, dan Jalan Raya Bogor menuju ke Jagorawi. (bs)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda