Teknologi Sportcar Nissan GT-R Diterapkan di Sedan Altima Terbaru

Rabu, 05/06/2019 22:41 WIB

mobilinanews (Tennessee) - Nissan belum lama ini menerapkan beberapa teknologi canggih yang ada di sportcar GT-R pada sedan Altima 2019 terbaru. 

Dikutip dari Nissannews, salah satu yang diterapkan adalah teknologi mirror bore yang dapat ditemukan di dalam silinder blok mesin. 

Teknologi ini digunakan untuk pertama kalinya di GT-R, setelah sebelumnya diterapkan pada model sedan Sentra Nismo.

Teknik yang digunakannya melibatkan penyemprotan dan pemolesan ruang silinder di dalam ruang mesin tempat piston bekerja. 

Lapisannya memiliki ketebalan 200 mikron atau dua kali lebih tebal dari rambut manusia, kemudian lubang silinder dipoles menggunakan alat khusus.

Proses ini dikenal sebagai mirror bore, bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi gesekan.

"Teknologi canggih seperti proses mirror bore hanya masuk akal bagi Nissan jika kami dapat menawarkannya kepada sebanyak mungkin konsumen," ungkap Jay Boyte, Direktur Teknik Nissan Amerika Utara. 

"Hasil akhirnya adalah mesin inovatif dan efisien dengan menggunakan teknologi manufaktur yang biasanya tidak tersedia pada model produksi berbasis volume atau di kisaran harga ini," tambahnya.

Mesin empat silinder berkapasitas 2.500 cc bawaan Altima terbaru menghasilkan tenaga 188 dk dan torsi 244 Nm. 

Keseluruhan prosesnya ini dikerjakan di fasilitas pabrik Nissan di Decherd, Tennessee yang mempekerjakan sumber daya manusia sebanyak 1.700 orang. 

Fasilitas di pabrik ini telah menghasilkan sekitar 1,4 juta unit mesin setiap tahunnya. Setara dengan waktu 19 detik untuk pembuatan satu unit mesinnya.

Sejak pabrik Decherd diresmikan pada 1997 silam, sudah hampir 13 juta unit mesin yang telah dirakit di fasilitas ini. 

Di tempat yang sama telah menghasilkan mesin-mesin yang telah ditanam pada model-model Nissan sebelumnya.

Diantaranya Altima, Frontier, Maxima, Pathfinder, Rogue, Titan, Infiniti QX60 dan motor listrik untuk electric vehicle Leaf.

Kapan ya model Nissan di Indonesia menerapkan teknologi ini? (anto)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda