Sebelum Balik Mudik, Perhatikan Muatan Berlebih Pada Mobil

Jum'at, 07/06/2019 00:23 WIB

mobilinanews (Semarang) - Sudah seharusnya para pemudik yang menggunakan mobil untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. 

Memeriksakan kondisi mobil seperti komponen mesin, accu, lampu mobil, rem dan komponen penting lainnya. 

Rekomendasi dari Garda Oto, satu hal penting lain yang harus diperhatikan yaitu tentang muatan dan kapasitas maksimal penumpang pada mobil. 

Karena hal tersebut akan berpengaruh kepada keselamatan dan kenyamanan saat berkendara, memengaruhi tekanan angin pada ban, dan akan membuat penggunaan BBM lebih boros. 

Tidak dianjurkan juga untuk membawa muatan barang di atas mobil apalagi jika tidak tertutup rapat dan terikat kencang. 

Karena ini akan merubah titik keseimbangan mobil dan mempengaruhi keseimbangan mobil saat melaju. 

Sehingga mobil akan lebih sulit untuk dikendalikan karena hambatan udara yang menerpa laju mobil semakin besar. 

Kemudian jika terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh kelebihan muatan ini, pihak asuransi pun tidak akan menanggung kerugian yang dialami.

Sesuai dengan yang tertuang pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia Bab II Pengecualian Pasal 3 ayat 1.4.

Maka dari itu, patut untuk selalu diingat bahwa saat berkendara, keamanan adalah hal terpenting yang harus diutamakan. 

Karena pengemudi tidak hanya membawa diri sendiri tetapi juga membawa penumpang lain di mana keselamatan mereka bergantung pengemudi. (anto)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh