Kiat Ganti Knalpot Racing, Jangan Cuma Tampilan Dan Suara

Selasa, 28/07/2015 18:20 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) – Dalam melakukan modifikasi motor khususnya bergaya “racing look” , modifikasi knalpot adalah salah satu item yang tidak boleh ketinggalan. Namun satu catatan yang mesti dipahami dalam penggantian knalpot, jangan hanya sebatas mengejar tampilan namun juga memperhitungkan unsur utilitas (kegunaan).

“Banyak yang melakukan penggantian knalpot semata mengejar unsur tampilan dan bunyi dari knalpot. Salah kaprah jika mengganti knalpot tanpa memperhitungkan performa atau spek motor yang digunakan,” ujar Aristarkhus, After Market Division Manager PT Sakura Java Indonesia (SJI) kepada mobilinanews di Yamaha Cup Race (YCR), Tasikmalaya, pekan lalu.

Dipaparkan Aris, exhaust (pipa selongsong atau dikenal juga header) telah didesain oleh Research & Development (R&D) produsen motor ataupun mobil. Lekuk exhaust standar telah disesuaikan dengan spesifikasi motor, khususnya dari sisi dapur pacu (mesin) sesuai dengan peruntukkan motor (harian atau motorsport).

“Di luaran banyak yang menjual produk silencer (tabung knalpot) yang hanya dipasangkan pada bagian ujung exhaust pipe. Lingkar dan lekuk pipa sudah disesuaikan dengan silencer.  Jika sembarangan ganti bisa merubah settingan mesin. Akibatnya bisa motor jadi tidak bertenaga atau boros konsumsi BBM. Jadi jika mau merubah knalpot,  harus 1 set dengan exhaustnya,” terang Aris.

SJI dengan nama produk Sakura adalah produsen knalpot peruntukkan motor merek Yamaha. Saat ini SJI juga merambah pasar knalpot after market (Sakura Muffler) khususnya untuk motor-motor 150 cc ke atas. Selain tampilan yang lebih oke karena material silencer nya terbuat dari karbon, Sakura juga dapat menambah tenaga motor.

Mau ganti knalpot Yamaha anda, jangan asal bunyi melengking dong bro..!

knalpot sakura

TERKINI
GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Riding Clan of Classy, Ekspresikan Anak Muda Pengguna Yamaha Fazzio Hybrid di Surakarta Tekiro Adakan Servis Gratis di Kampus ITS Surabaya, Incar Terpelajar