Kaleidoskop 2019 : 8 Perwakilan Otomotif di DPR RI, Adrian Paruntu Termuda

Selasa, 31/12/2019 13:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kalangan otomotif sekurangnya mengirimkan 8 perwakilan ke gedung DPR RI Senayan, Jakarta, hasil dari Pemilu Legislatif yang serentak dengan Pilpres pada 17 April 2019 lalu. 

Mereka ada yang masih aktif sebagai pembalap, pengurus IMI Pusat, mantan Ketua PP IMI, pemilik sirkuit balap, pembina komunitas mobil sport, pembina balap dan mantan pembalap.

Mereka dipastikan akan berkantor di Senayan, dengan namanya sudah resmi diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

1. Moreno Soeprapto

Mantan pegokart, pembalap mobil hingga Formula 3. Bagi Moreno, ini adalah kali kedua duduk sebagai anggota DPR RI dari Partai Gerindra. Putra legenda balap H. Tinton Soeprapto mewakili daerah pemilihan Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang serta Batu. Keberhasilannya kali mendapat banyak apresiasi karena dapilnya disebut sebagai "dapil neraka" karena banyaknya tokoh nasional yang bersaing. 

2. Juliari Batubara

Ketua umum PP IMI 2 periode (2003-2011), kali ini juga periode keduanya sebagai anggota DPR RI. Ari -- sapaan karibnya -- adalah pengurus pusat PDI Perjuangan, sebagai wakil bendahara. Ayah dua anak ini dari dapil Semarang dan sekitarnya yang dikenal sebagai salah satu kandang banteng. Dikabarkan, ia masuk kandidat menteri Kabinet Indonesia Kerja jilid 2.

3. Ahmad Sahroni

Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Wisata IMI Pusat. Pengusaha muda yang dikenal sebagai CrazyRich dari Tanjung Priok ini lolos partai Nasdem. Juga periode keduanya sebagai wakil rakyat. Pembina Ferrari Owner Club Indonesia ini dari dapil DKI Jakarta. 

4. Donny M Oekon

Mantan pembalap yang sekarang membina putranya sendiri, Aldio Oekon sebagai pembalap mobil nasional ini juga sebagai incumbent dan kembali akan berkantor di Senayan Jakarta. Donny Oekon nyaris tak pernah absen mendampingi sang anak ketika berlomba di balap mobil ISSOM. Ia menjadi anggota DPR RI dari PDI Perjuangan dapil Jawa Barat (Garut dan sekitarnya). 

5. Yoyok Sukawi

Nama lengkapnya Alamsyah Satyanegara Sukawijaya. Dikenal sebagai pembalap drag race. Mobilinanews pernah mewawancarai cah Semarang ini saat mengikuti event Sentul Drag Race di Sentul International Circuit. Yoyok menjadi anggota DPR RI dari dapil Semarang, Salatiga dan Kendal, perwakilan dari Nasdem. Pernah menjadi manajer tim PSIS Semarang, serta putra mantan walikota Semarang, Sukawi Sutarip. 

6. Syarief Mahmud Alkadrie

Masih keturunan Kesultanan di Kalimantan Barat, dia dikenal sebagai pembalap motor. Selain juga rajin menggelar event balap di Pontianak. Di usianya yang menginjak 50 tahun, 2 tahun lalu masih turun berlomba di ajang Yamaha Sunday Race di sirkuit Sentul. Mahmud Alkadrie dari partai Nasdem dapil Pontianak dan sekitarnya. 

7. Rusdi Masse

Pernah menjabat sebagai Bupati Sidrap, Sulawesi Selatan dua periode itu biasa aja. Yang luar biasa, selama menjabat, Rusdi rajin menggelar event balap tingkat nasional dan international. Prestasi spektakulernya dengan membangun sirkuit untuk balap malam diberi nama Bukit Mario. Hingga dijuluki sebagai sirkuit Losail Indonesia. Rusdi lolos dari partai Nasdem. 

8. Adrian Jopie Paruntu

Dia termasuk salah satu anggota DPR RI termuda. Namanya tercantum di KPU, dengan TTL Jakarta, 10 Maret 1994. Adrian dikenal sebagai pembalap drag race sebelum ikut balap mobil di Sentul. Bahkan ia membentuk tim sendiri CEP Minsel Motorsport. Dia adalah putra dari Bupati Minahasa Selatan Christiany E Paruntu SE dan dari partai Golkar. (budi santen) 

TERKINI
Soal Insentif Mobil Hybrid, Jokowi Mengaku Masih Melakukan Kajian Mendalam Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia Ofero Picassio, Modal RP 13 Jutaan Sudah Bisa Beli Motor Listrik Seperti Vespa 946 Dior GESITS Kembangkan Teknologi Motor Listrik Baru Bersama IBC dan Hyundai Kefico