Jangan Boros, Pasca Mudik Nggak Perlu Ganti Oli

Jum'at, 14/06/2019 20:02 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kendaraan yang dipakai untuk mudik lebaran ada baiknya mendapatkan perhatian yang lebih. Karena itu, sebelum mudik pengemudi dianjurkan untuk melakukan service. Begitupun usai arus balik, tidak ada salahnya jika anda melakukan pengecekan kondisi mobil.

Nah hal menarik yang harus diperhatikan adalah, banyak orang yang melakukan penggantian oli sepulangnya dari kampung halaman. Padahal sebelum berangkat oli juga baru saja diganti.

Ternyata hal ini bisa dikatakan pemborosan alias tidak perlu. Santoso, selaku Coordinator Service Manager PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan bahwa penggantian oli sehabis mudik tidak diperlukan.

"Biasanya kita paling pengecekan standar. Dari kaki-kaki sama engine. kalau oli kita tetap acuan kilometernya. Oli sekarang kan udah bagus, jadi paling kita sarankan pengecekan kaki-kaki dan engine," kata Santoso.

Untuk bengkel resmi Suzuki sendiri, Santoso menambahkan pihaknya akan tetap melakukan pengecekan total agar menjamin kenyamanan konsumen.

"Karena mobil perjalanannya jauh dan durasi yang cukup panjang mereka bisa datang ke bengkel dan kita lakukan pengecekan total. Nanti dari hasil pengecekan bisa ketauan. Itu tadi, oli nggak perlu diganti kalau memang jarak kilometernya belum memenuhi batas," beber Santoso.

Adapun prosedur pengecekan standar bengkel resmi Suzuki antara lain pengecekan kaki-kaki yang meliputi shockbreaker, balancing dan spooring, lalu pengecekan rem, pengecekan kopling untuk mobil manual, kemudian scanning kinerja mesin untuk memastikan tidak ada kelainan. (adr)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Disupport Daihatsu, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap