Goodyear Ramaikan Ajang Balap Le Mans 24 Hours dan FIA WEC

Jum'at, 21/06/2019 20:23 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Goodyear mengumumkan akan kembali berpartisipasi dalam ajang balap mobil Eropa dan Internasional dengan mengembangkan berbagai varian ban baru untuk Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA (FIA World Endurance Championship/WEC), termasuk juga ajang balapan 24 - jam Le Mans 2019.

FIA World Endurance Championship merupakan ajang balap ketahanan di empat benua dan berakhir di Le Mans, Perancis.

Balapan ketahanan sendiri memiliki tantangan yang unik. Karena tak hanya menguji ketahanan pembalapnya semata, namun juga untuk menguji ketahanan mobil dan seluruh suku cadangnya, termasuk ban.

Goodyear memilih ajang balap mobil ini sebagai langkah awal untuk kembali ke ajang kejuaraan balap dunia karena merupakan sarana yang cocok untuk mendemonstrasikan teknologi ban dari beragam prototipe dan mobil Grand Touring yang berbeda.

"Dengan karakteristik balapan yang bervariasi dari 4 hingga 24 jam, berarti pilihan dan strategi ban akan sangat berpengaruh serta memberikan tantangan yang dapat memotivasi tim teknologi kami di pusat inovasi Eropa untuk mengeksplorasi setiap peluang balap lain yang ada untuk tipe Goodyear," kata Direktur Motorsport, Ben Crawley.

Goodyear telah mengembangkan serangkaian ban terbaru untuk Prototipe Le Mans selama lebih dari setahun di kantor pusat inovasi mereka di Hanau (Jerman) dan Colmar-Berg (Luksemburg).

Ban yang akan dikembangkan dan diproduksi adalah seri terbaru Eagle F1 SuperSport Goodyear yang menonjolkan performa pada mobil track - day.

Tim Goodyear memastikan bahwa teknologi dan pengetahuan dapat diimplementasikan sejajar antara lintasan dan rentang balapan serta dioptimalkan agar dapat memberi manfaat bagi kinerja keduanya.

Ban ini akan diluncurkan pada awal musim WEC 2019/2020 di Silverstone pada bulan Agustus.

Alasan lain Goodyear memilih Le Mans karena event balap terbesar di dunia dan elalu dihadiri lebih dari 250.000 pengunjung.

"Motorsport terus menjadi salah satu olahraga global paling populer. Ini adalah platform yang ideal bagi kami untuk terlibat dengan konsumen mengenai sejarah, semangat, inovasi dan teknologi yang membentuk kisah Goodyear dalam dunia balap," lanjut Crawley.

Goodyear sendiri punya sejarah panjang dan pernah 14 kali meraih kemenangan di Le Mans 24 Hours. Ban Goodyear juga mencatatkan total kemenangan sebanyak 368 GP Formula 1. (adr)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda