Regulasi Baru AAGC, Perampingan Kuota Peserta Dari 16 Jadi 10 Negara

Rabu, 26/06/2019 22:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Regulasi baru Asian Auto Gymkhana Championship (AAGC) membatasi partisipan negara. Jika sebelumnya sampai 16 negara, kini hanya menjadi 10 negara. 

"Peraturan lainnya, setiap tim dari dua peslalom menjadi 3 termasuk peslalom wanita. Selain itu, juga akan dilombakan kelas tandem di setiap penyelenggaraan putaran AAGC," ujar Hendra Raharja, Ketua Komisi Slalom IMI Pusat. 

Tentu penyelenggara di bawah komando dr Yung dari Taiwan memiliki alasan tersendiri dengan perampingan negara tersebut.

Salah satunya toh kuota 16 negara yang selama ini diberlakukan tak pernah terpenuhi. Dari pengalaman AAGC di Bali pada 11 Agustus lalu, hanya 12 negara termasuk Australia dan Selandia Baru yang ikutan. 

Alasan lain, saat ini muncul pesaing AAGC yakni Gokhana yang lebih mengutamakan speed dan kabarnya dikreatori 2 negara yang disebut terakhir. Mereka tengah berusaha penetrasi ke Asia, dengan jargon lebih diakui FIA.

Anyway, kita kembali ke perampingan kuota negara AAGC. Karena ini terkait dengan jatah wild card Indonesia sebagai tuan rumah round 1 AAGC akan dihelat pada 13 Juli di Yogyakarta. 

"Sampai hari ini, baru 6 negara yang telah memastikan ikutan AAGC di Yogyakarta. Senin besok baru ketahuan jumlah fixnya, sebagai hari terakhir pendaftaran," ungkap Tjahyadi Gunawan, penyelenggara AAGC dari Genta Auto&Sport.

Sepertinya memang tak akan banyak alami penambahan kontestan negara.

Jika demikian, peluang Indonesia untuk mengirimkan wakil melalui jalur wild card, termasuk dari juara putaran 1 Kejurnas Slalom U23 seperti yang dijanjikan IMI Pusat semakin terbuka. 

Kita tunggu sampai Senin ya guys. (bs) 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda