Ferrari Kalah di Meja Rapat, Ban Spek 2019 Terus Menggelinding

Sabtu, 29/06/2019 16:16 WIB

mobilinanews (Austria) - Dalam rapat khusus dan alot di sela GP Austria, Jumat (28-6-2019), akhirnya FIA (Federasi Balap Mobil Internasional) memutuskan ban pasokan Pirelli musim 2019 tetap dipakai di sisa musim ini.

Usulan balik ke spek 2018 ditolak.

Selain pihak Formula One Management (FOM), Pirelli dan 10 wakil tim, rapat juga dihadiri dua pembalap Ferrari (Sebastian Vettel dan Charles Leclrec), sementara pihak 'musuh' diwakili Lewis Hamilton.
Gagasan balik ke versi 2018 diinisiasi oleh Ferrari dan Red Bull dengan sokongan tim Alfa Romeo, Haas dan Torro Rosso. Cara itu dianggap bisa memutus dominasi Mercedes (yang paling sukses beradaptasi dengan ban 2019) sekaligus mencegah kebosanan publik.

Sayang, FIA yang diwakili Direktur Teknik Nikolas Tombazis memutuskan ban 2019 tetap digunakan. Pasalnya, hanya 5 dari 10 tim yang setuju. Sedangkan regulasi yang berubah di tengah musim harus disetujui minimal 7 tim.

So, Mercedes dengan duet Hamilton dan Valtteri Bottas masih punya peluang menambah kemenangan musim ini.

Bos Pirelli Mario Isola  menyambut baik putusan FIA. Alasannya safety.

"Kami bikin perubahan spek 2019 dari versi 2018 demi alasan keamanan. Itu disetujui FIA," katanya. (rnp)

TERKINI
Tips Merawat Sistem Rem untuk Meningkatkan Keselamatan dan Daya Tahan Mobil Anda Honda Jazz RS CVT, Solusi Mobil Hatchback Terbaik dengan Kinerja Tangguh Tanpa Meninggalkan Gaya Soal Insentif Mobil Hybrid, Jokowi Mengaku Masih Melakukan Kajian Mendalam Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia