Audio Innova 2013 : Kreasi High-End Utanto Wibowo Tahun Ini

Sabtu, 01/08/2015 07:15 WIB

mobilinanews.com (Jogjakarta) – Innova DB,  begitu Toyota Innova keluaran 2013 ini mendapat julukan, setelah didandani audionya oleh Utanto Wibowo dari Elixir Car Stereo Jogjakarta. DB sendiri kepanjangan dari David Budy, pemilik Toyota Innova yang pengusaha minyak dari Pemalang, Jawa Tengah pelanggan tetap Utanto.

Hampir 3 bulan penuh instalatur audio muda ternama ini melakukan RnD hingga proses pengerjaan. Hasilnya? “Ini salah satu high-end (kreasi terbaik) saya tahun ini. Saya mencoba menterjemahkan konsep minimalis namun elegan,” ujar Yung Yung sapaan akrab Utanto kepada mobilinanews.
 
Arah utama adalah menciptakan natural di car audio, walaupun menurut Yung Yung itu tidak bisa terlaksana sepenuhnya. Lalu pria enerjik ini menggambarkan sebagai seorang pemain musik, hafal bunyi alat musik, namun kenyataannya tetap berbeda dengan bunyi speaker naturalnya.



utanto-wibowo-jogja.jpg" alt="utan" width="400" height="400" />“Lalu tugas saya berusaha mendekatkan semaksimal mungkin dengan keinginan itu. Untuk mendapatkan loud, clean and dynamic,” sebut pendoyan kuliner ini.

Langkah pertama Yung Yung dengan menyiapkan Dynaudio Esotar 2, Genesis SIII Amplifier, Kimber Kable dan WBT Plug merupakan perangkat high end ternama kelas dunia menjadikan pengerjaan kali ini sangat menantang.

Setelah itu pengerjaan panel sealed enclosure 2way di atas dashboard menggunakan MDF dan fiberglass, presisi dengan volume @5liter, untuk memainkan area 125Hz - 2.5KHz.

Midbass menggunakan sealed enclosure 20 liter, memainkan area 50Hz - 125Hz. “Tujuannya untuk mendapatkan bass depan dengan sangat baik, bahkan ideal tanpa subwoofer sekalipun di level sekitar 90-100dB,” ungkap pria ramah ini.

Subwoofer menggunakan sealed enclosure, dual 18mm MDF, boks terpisah, @37liter. Sengaja dibikin terpisah untuk alasan presisi, juga separator sekalian difungsikan sebagai bracing (penguat boks supaya rigid).

Power amplifier dipasang terpisah, 2bh Genesis Dual Mono untuk tweeter dan midwoofer diletakkan bawah bangku depan kiri kanan. Bertujuan agar kabel2 menjalar seminim mungkin untuk meningkatkan kualitas hantaran.

3bh Genesis Dual MonoXtreme untuk woofer dan subwoofer diletakkan di belakang, menempel di boks subwoofer.

System menganut full active crossover @24dB/octave, fc tweeter/midrange di 2.5kHz, fc midrange/midbass 125Hz, fc midbass/subwoofer 50Hz, semua diatur via processor Alpine PXA-H800.

Hasilnya? Tentu saja seperti yang diidamkan Mr. DB : live and dynamic, loud and clean, detail dan transparan, dan terpenting adalah natural.

Ciamik dab !

 


DATA BELANJA AUDIO INNOVA


Vehicle : Toyota Innova 2013
Owner : Mr. DB

Head Unit
Alpine INE-W947

Processor
Alpine PXA-800

Front Speaker
Dynaudio Esotar2 Titan tweeter
ScanSpeak 15WU Illuminator midwoofer
Dynaudio Esotec MW182 woofer

Subwoofer
Dynaudio Esotar2 1200 (x2)

Amplifier
Genesis Dual Mono (for tweeter)
Genesis Dual Mono (for midwoofer)
Genesis Dual Mono Xtreme (for woofer)
Genesis Dual Mono Xtreme (for subwoofer #1)
Genesis Dual Mono Xtreme (for subwoofer #2)

Speaker Cable and Interconnect
Kimber Kable 4TC (for tweeter and midrange)
Kimber Kable 8TC (for midbass and subwoofer)
Kimber Kable Tonik Interconnect with custom WBT 0152 Plug (for all amplifier)

Stinger power supply cable, main fuse, fuse distribution block, and ground distribution block

Battery
Optima Yellow Top (x3)
 


Elixir Car Stereo
Bengkel Mobil Rajawali

Jl. Kenari 83 Timur SGM
Jogja 55165
Telp. 0274-586553
HP. 0818261000





TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag