Begini Rencana Investasi Hyundai Motor Company di Indonesia

Rabu, 03/07/2019 12:10 WIB

mobilinanews (Seoul) - Produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor Company (HMC) akan segera merealisasikan investasinya di Indonesia. 

Rencananya ini ditegaskan pada pertemuan Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian RI dengan Executive Park Hong Jae, Vice President HMC di Seoul, Korea Selatan pada Selasa (25/6/2019).

“Mereka akan mulai produksi pada tahun 2021, dengan kapasitas 70.000 hingga 250.000 unit per tahun,” jelas Menperin sesuai keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu (30/6). 

Sebelumnya, Haryanto, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian RI telah mengungkapkan rencana ini.

Harjanto menyebut sejak awal Januari 2018, Hyundai mengungkapkan rencana untuk membangun pabrik di kawasan Asean dan Indonesia sebagai pilihan lokasinya.

“Apalagi, Indonesia memiliki bahan baku bijih nikel yang bisa digunakan untuk produksi baterai lithium-ion sebagai komponen penting kendaraan listrik,” ujar Harjanto.

Harjanto juga menjelaskan, dari total kapasitas produksi HMC di Indonesia, sebagian akan digunakan untuk membuat kendaraan listrik. 

Dari kapasitas itu, sebagian besar untuk mengisi pasar ekspor ke Asia Tenggara dan Australia, serta sisanya untuk memenuhi kebutuhan domestik.

Sementara itu, Sung Yun Mo, Menteri Perdagangan Industri dan Energi (MoTIE) Korea Selatan menambahkan, penguatan kerja sama Indonesia dan Korea Selatan meliputi banyak sektor industri. 

Tidak hanya sektor industri baja dan kimia saja, tetapi juga akan menyasar ke sektor industri otomotif. 

Bahkan, investasi ini dinilai penting karena dapat memperdalam struktur manufaktur dan meningkatkan daya saing industri di Indonesia.

“Kerja sama otomotif juga membuka kesempatan untuk penyedia komponen, dengan kebutuhan komponen kendaraan yang cukup banyak, ini bisa memperkuat juga IKM di Indonesia,” tambah Harjanto. 

“Kerja sama ini sangat berarti, karena akan meningkatkan daya saing, dan berkontribusi terhadap ekosistem industri yang lebih sehat,” tegasnya.

Siap-siap, nih, Indonesia akan bertambah lagi investasi di industri otomotif. (anto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap