Selain Untuk MotoGP, Ternyata Mandalika Sangat Potensial Untuk Offroad

Kamis, 04/07/2019 15:43 WIB

mobilinanews (Mandalika) - Seri 2 Kejuaraan Daerah Racing Adventure ‘The Mandalika Offroad Championship 2019’ telah bergulir selama 2 hari (29-30/6/2019), gairah kompetisinya terus digenjot. 

Ada hal yang menarik pada lokasi lomba yang digunakan, karena berdekatan dengan kawasan yang akan di bangun sirkuit MotoGP Mandalika, Lombok Tengah. 

Kawasan ini dikelola oleh ITDC (Indonesia Tourism Development Coorporation). Selain untuk MotoGP, ternyata Mandalika juga sangat potensial untuk Offroad.

Alam perbukitan pantai dengan kontur naik turun jadi handicap yang mampu menguji adrenalin peserta. 

Sepintas terlihat mudah ditaklukkan, namun sebenarnya cukup susah jika dilewati dengan target waktu tercepat.

Lokasi di sini memiliki potensi sangat besar. Bahkan layak untuk dijadikan event berskala nasional hingga cakupan internasional. 

“Banyak lokasi trek yang belum dieksplorasi, kalau diperluas pasti akan banyak trek seru dan menantang,” jelas Cak Mendol, Sang Master trek yang sering merancang venue event berskala nasional.

Selain lokasi yang menantang untuk fasilitas penginapan juga banyak pilihan, mulai dari yang murah hingga hotel bintang 5. 

Sedangkan untuk transportasi penyeberangan ke Lombok, ternyata ada akses kapal laut dengan rute Surabaya – Mataram pp. 

Dengan lama perjalanan kurang lebih 18 jam, tentu ini akan membantu mempersingkat mobilisasi kendaraan offroad para peserta. Baik dari sisi waktu maupun biaya. 

Karena biaya penyeberangan kapalnya relatif murah. Bagi para peserta pun, menjadi momen yang menyenangkan, ikut kompetisi sambil mengajak anggota keluarga liburan. 

Menurut Lalu Satria Atmawinata - Kepala Bappeda Lombok Tengah yang hadir dan ikut menyaksikan jalannya kompetisi, Pemda Lombok Tengah berharap dengan potensi alam yang dimiliki akan semakin banyak pecinta dunia otomotif yang datang dan berkunjung. 

“Alam di Lombok itu luar biasa. Jadi sangat layak untuk dieksplorasi baik turing dengan mobil atau motor maupun berpetualang dengan kendaraan 4x4 maupun motortrail,” jelas pria yang juga pehobi offroad ini. 

Kawasan yang dikelola ITDC untuk MotoGP 2021 di Mandalika Lombok ini memang menyimpan potensi wisata alam yang bisa mendukung penyelenggaraan gelaran MotoGP. 

Tidak heran banyak kalangan menilai, tidak berlebihan juga jika kedepannya nanti Nusa Tenggara Barat jadi salah satu tujuan wisata otomotif favorit baik di dalam negeri maupun luar negeri. 

Karena selain MotoGP dan World Superbike yang sudah dilakukan kerjasama, event otomotif lainnya khususnya off-road juga punya peluang dan layak dilirik. 

Karena dianggap mampu mendatangkan pengunjung yang tidak sedikit di daerah yang dijadikan lokasi lomba. Harapan dari berbagai kalangan pelaku offroad, semoga segera bisa digelar event offroad berskala lebih besar. (anto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi