Ubah Settingan, Rafid Topan Sukses Rebut Podium 1 Oneprix Tasikmalaya

Minggu, 07/07/2019 21:45 WIB

mobilinanews (Tasikmalaya) - Rafid Topan memang oye. Setelah hanya finish ke-6 pada race 1, pembalap andalan tim PARD Racing Team ini mampu membalikkan keadaan.

Caranya?  Dengan menjuarai race 2 kelas Bebek 150cc Expert, putaran 1 Kejurnas Balap Motor Oneprix-IMC di sirkuit Bukit Puesar Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019).

"Alhamdulillah, semua berkat doa dan kerja keras tim. Jadi saya bisa maksimal. Ucapan terima kasih khususnya kepada Pak Frits Johanes, bos tim PARD Racing Team yang menyeponsori saya," ungkap Topan kepada mobilinanews.

Hasil finish ke-6 pada race 1, membuat rider DKI Jakarta ini menempati posisi start ketiga pada race 2.

"Menggunakan sistem SBK (Kejuaraan dunia superbike), gridnya diambil dari hasil race 1. Kemudian urutan10 besar itu dibalik," terang rider sarat pengalaman ini.

Untuk bisa melaju ke depan, Topan terganjal 2 andalan Astra Motor RT yaitu Fitriansyah Kete & Dicky Ersa. Namun sejak laps 10 dari total 20 yang harus diselesaikan, ayah satu anak ini bisa mengambil alih posisi terdepan.

Hanya saja, itu tidak bertahan lama. Secara bergantian, posisinya kembali direbut Kete dan Ersa. Demikian seterusnya, 3 pembalap saling overtake mengisi terdepan.

"Dan pada 2 laps menjelang finish, saya kunci mereka dan saat menerjang garis finish pun kami bertiga masih rapat dan ketat," tutur Topan. 

Sirkuit Bukit Puesar sepanjang 1,2 km memang tidak asing baginya. Pada PON tahun 2016 lalu, Topan juga sukses mendulang medali emas di kelas perorangan 150 cc untuk kontingen DKI Jakarta.

Makanya, ketika pada QTT hari Sabtu hanya bertengger di posisi ke-19, ada yang salah dalam setting motor Yamaha MX King andalannya. Dan ternyata benar setelah dilakukan pengecekan.

"Sepertinya settingan gir rasio tidak pas. Sabtu malam, kami coba ubah settingan. Dan hasilnya, race 1 start dari urutan ke-19, Topan bisa finish ke-6. Serta race 2, Topan kemudian bisa menyabet podium juara 1," terang Frits Yohanes, pak bos besar PARD Racing Team yang setia menunggui Topan balapan di sirkuit Bukit Puesar, Tasikmalaya.

Selamat untuk Topan dan angkat piala kebanggaan kita. (bs)  

 

 

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok