Pahami Usia Pakai Busi Peruntukan Balap

Minggu, 02/08/2015 01:20 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) – Busi yang berfungsi sebagai pemantik pengapian pada mesin terdiri dari beragam tipe. Khusus busi peruntukan balap satu hal yang patut dipahami, yaitu usia penggunaan busi racing.

Busi peruntukan racing memiliki usia yang relatif pendek karena kebutuhan pengapian saat balap memerlukan  intensitas pengapian yang lebih tinggi dibandingkan penggunaan harian. Masih banyak pebalap yang beranggapan busi racing bisa digunakan berulang dalam waktu yang sangat lama.

“Umumnya busi racing memiliki usia pakai hingga 1000 km saja, karena kinerja busi racing di push bekerja ekstra berat guna mengimbangi performa mesin. Jadi pebalap dan tim harus memperhitungkan jarak yang telah dilahap saat mengikuti kompetisi balap,” ujar Wahyu dari NGK Spark Plug kepada mobilinanews di sela-sela balap Yamaha Cup Race (YCR) Tasikmalaya.

Untuk NGK sendiri memiliki tipe busi Racing Competition. Meskipun memiliki harga yang terbilang mahal, namun pengapian yang dihasilkan optimal mengimbangi kompresi pada mesin dan mampu bertahan pada kondisi panas mesin hingga 60 ribu joule.

Buat yang hobi balap, patut pahami usia penggunaan busi racing ya.

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak