Uedan, Racing Suit Pembalap Juara Oneprix Ini Dibobol Maling di Bandara Soetta!

Kamis, 11/07/2019 16:22 WIB

mobilinanews (Surabaya) - Robby Sakera, 15 tahun, pembalap motor andalan Jawa Timur baru saja menjuarai Oneprix Tasikmalaya (7/7/2019) mengalami kejadian yang tidak mengenakkan. Lebih tepatnya, menyesakkan. 

Betapa tidak, saat berangkat mengikuti Asia Road Race Championship (ARRC) di sirkuit Suzuka, Jepang, pada 24 Juni lalu, tasnya yang berisi peranti balap dibobol maling.

Itu baru diketahuinya saat mendarat di bandara Narita, Jepang. Tas yang dimasukkan bagasi tersebut, ketika diangkat ternyata lebih ringan. Setelah dicek lebih jauh, ternyata sudah bolong dan beberapa barangnya raib.

Robby Sakera, juara race 2 kelas Novice Oneprix Tasikmalaya

"Racing Suit atau wearpack (merek Ardians), sepatu dan sarung tangannya ilang. Herannya, kenapa tidak helmnya sekalian," tutur Bambang Kapten Haribowo, Ketua IMI Provinsi Jawa Timur dengan nada tinggi, saking keselnya.

Robby, pembalap asal Sampang, Madura itu berangkat ke Jepang sebagai privateer dengan biaya dari klubnya, Kaboci. Tidak mendapat bantuan dari brand/merek motor, apalagi negara. 

Akibatnya, ia harus membeli 3 peranti vital yang hilang tersebut di Jepang, agar bisa berlaga di ajang ARRC yang dihelat 29-30 Juni lalu.

Setelah ditelusuri, pembobolan itu terjadi saat di Terminal 3 keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Dan, dengan bekal  surat tanda terima dan dokumentasi bagasi, mencoba melakukan komplain ke pihak Angkasa Pura 2 selaku pengelola bandara Soetta. 

"Jawabannya sangat tidak profesional dan tidak menunjukkan sebagai bandara international : belum ada peralatan CCTV di area perjalanan tas yang masuk bagasi. Uedan gak tuh. Bagaimana kalau itu menimpa tas orang asing? Memalukan Indonesia!" lanjut Bambang Kapten.

Yang konyol lagi, peranti balap ini kan sangat khusus, segmented. Lalu, buat apa juga dicolong? Mau dijual kemana? 

Dan kalau dirinci kerugian terkait materi sekitar Rp 5 juta (racing suit Rp 2,5 juta, sepatu 2 juta, sarung tangan Rp 500 ribu). Namun, kok bisa dan teganya nyolong peralatan balap ya. 

Sedangkan Robby berangkat ke Jepang dengan niat untuk mencetak prestasi terbaik di ajang balap motor internasional, dan membawa nama negara Indonesia. 

Robby adalah salah satu pembalap andalan yang disiapkan IMI Jawa Timur untuk Pekan Olahraga Nasional di Papua, tahun 2020. 

Prestasi terbarunya juara kelas Novice kejurnas balap motor Oneprix di sirkuit Bukit Puesar, Tasikmalaya hari Minggu kemarin. (bs) 

  

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh