Wow, Anies Baswedan Bakal Bawa Balapan Formula E ke Jakarta

Minggu, 14/07/2019 19:58 WIB

mobilinanews (New York) – Kabar gembira datang dari Gubernur Jakarta Anies Baswedan, Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020. 

Informasi ini diunggahnya pada akun instagram @aniesbaswedan pada Minggu (14/7/2019) pukul 16.00 WIB. 

“Selepas World Cities Summit di Medellin, langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E,” tulisnya. 

Formula E saat ini menjadi balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1. Bedanya dengan F1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik dan diadakan di sirkuit jalan raya.

“Sejak tiga bulan lalu persiapan pertemuan ini telah dilakukan. Tim dari Formula E juga sudah datang khusus melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli lalu. Karena Jakarta berkompetisi dengan kota dunia lainnya, maka semua dikerjakan dengan tertib dan tak banyak bicara,” tambah Anies. 

Puncak pertemuan dibuat tanggal 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E. Negosiasi dilakukan Anies dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, petinggi Formula-E yang juga legenda dunia balap mobil.

“Walau baru bertatap muka kali ini, tapi kami langsung akrab seakan sudah kenal lama. Suasana negosiasi berlangsung serius, dengan bahan lengkap sudah disiapkan, namun tetap santai dan bersahabat,” sebut Anies yang tampak bersemangat pada pertemuan ini. 

Hasilnya, disepakati Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah. Anies menyebut dampak positifnya, mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta, ribuan penonton dari seluruh dunia akan hadir langsung. 

“Tak terkira banyaknya juga adalah penonton dari dalam negeri. Yang tak kalah penting adalah manfaat pergerakan ekonomi pun akan dirasakan,” tambahnya. 

Disebut Anies, menurut preliminary study, satu event balapan di Jakarta ini akan menggerakkan perekonomian hingga lebih dari 78 juta Euro, atau Rp 1,2 T. 

“Ini adalah kesempatan bagi kesejahteraan, lapangan kerja dan usaha bagi warga Jakarta. InsyaAllah!,” tutupnya. 

Kita tunggu progress dan realisasinya. (anto) 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag