Insiden Silverstone, Posisi Vettel Semakin Rawan

Senin, 15/07/2019 06:34 WIB

mobilinanews (Inggris) - Rasa frustasi pemegang 4 gelar juara dunia bersama tim Red Bull itu tampak saat main di GP Inggris. Ia tampak emosi saat disalip Max Verstappen (Red Bull) dalam perebutan zona podium. Hasilnya malah lebih buruk.

Memaksakan diri untuk menyalip lawan pada celah yang sangat sempit membuat Ferrari SF 90-nya menyundul bagian belakang mobil Verstappen.

Keduanya terperosok ke luar lintasan meskipun dua-duanya bisa kembali masuk jalur. Sialnya, Verstappen bisa lanjutkan balapan dan akhirnya finish kelima sementara Si Vettel harus ganti moncong mobil.

Ia kehilangan banyak waktu dan finish ke-16.

Ia juga dihukum 10 detik oleh stewards karena cara bawa mobilnya itu meski tak ada artinya karena finish ke-16 jelas tak dapat poin.

Penalti lain adalah 2 angka `kenakalan` yang maksimal 12 angka dalam semusim dengan konsekuensi diskualifikasi. .

Sejauh ini ia sudah dapat 6 angka hukuman yang berkaitan dengan prilaku saat balapan itu.

Vettel sendiri mengaku salah dalam insiden itu dan menerima double penalty yang dijatuhkan kepadanya. Usai balapan ia mendatangi Verstappen dan minta maaf.

"Ia jelas lakukan kesalahan. Sudah minta maaf. Tapi, apa yang bisa saya lakukan?" komentar Verstappen.

Akibat yang lebih buruk adalah reputasi Vettel sebagai senior dan pemegang 4 gelar. Tanpa poin di Siverstone, total poinnya di klasemen pembalap tetap 123.

Itu sangat rawan dikudeta pembalap muda yang baru musim ini memperkuat Ferrari, Charles Leclrec.

Finish poidum di GP Inggris di belakang Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, kini total poinnya jadi 120. Hanya terpaut 3 angka dari Vettel.

Leclrec sendiri tampil apik di musim perdananya di Ferrari. Dalam 10 race yang sudah digelar, ia naik podium sebanyak 5 kali, 4 kali P5 dan sekali DNF (di GP Monako).

Di dua race ia sempat memimpin balapan dan gagal di lap-lap terakhir hanya karena ketidakmampuan Ferrari beradaptasi dengan spesifikasi ban 2019.

Wajar kalau Leclrec kini menjadi pujaan tifosi Ferrari yang fanatik. Di lain sisi Vettel mendapat banyak kecaman karena tidak berkontribusi dalam masukan teknis untuk meningkatkan kemampuan mobil.

Ya, tak salah kalau banyak yang menilai Vettel sudah tak nyaman di internal timnya. Berbagai isu, antara pensiun dan pindah tim, mulai menyeruak liar dengan berbagai kemungkinan.

Dan, jika dalam beberapa race ke depan Leclrec benar-benar menyalipnya di klasemen, bisa jadi gosip seputar Vettel bakal semakin liar dan panas.

Sekarang saja banyak tifoso yang sudah menyindir ketimpangan gaji mereka di Ferrari. Vettel dibayar 35 juta poundsterling per musim sementara Leclrec hanya dapat 3 juta poundsterling. (rnp)

 

 

 

 

 

 

 

 

TERKINI
Innova Zenix Hybrid: Mengunggulkan Performa, Efisiensi, dan Keamanan Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo