Toyota & Hyundai Investasi Mobil Listrik Rp 50 T, Jusuf Kalla Buka GIIAS 2019

Kamis, 18/07/2019 12:50 WIB

mobilinanews (Tangerang) - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 resmi dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019) pagi. 

Selain JK, turut hadir mendampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, hingga Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

Menperin Airlangga mengungkapkan dalam sambutannya, minat pelaku industri otomotif tanah air untuk melakukan investasi di kendaraan listrik semakin tinggi.

"Berdasar catatan saya sudah ada 2 pabrikan besar yaitu Toyota dan Hyundai yang siap berinvestasi di Indonesia khususnya di sektor mobil listrik," kata Airlangga.

Adapun nilai otomotif, disebutkan JK, sebesar Rp 50 triliun untuk lima tahun mendatang.

"Tapi ini hanya awal, saya sudah mendapat informasi untuk komponen penunjang seperti baterai juga akan ada investasi baru," ungkap Wapres JK.

JK menambahkan saat ini pemerintah tengah memfinalisasi Rancangan Peraturan Presiden tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang PPnBM Kendaraan Bermotor.

 Dalam RPP tersebut besaran tarif PPnBM yang saat ini dihitung berdasarkan kapasitas mesin akan ditambahkan parameter penghitungan baru yaitu konsumsi bahan bakar dan emisi CO2.

Pada tahun 2025 ditargetkan produksi kendaraan roda empat emisi karbon rendah dan kendaraan listrik mencapai sekitar 20 persen dari total produksi nasional.

Bahkan Airlangga  optimistis dalam 5 tahun mendatang, investasi baru di industri otomotif mencapai bisa Rp 100 triliun.

GIIAS digelar di ICE BSD, Tangerang mulai 18 Juli hingga 28 Juli mendatang, mengusung tema 'Future in Motion'.

Tercatat, 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, 12 merek sepeda motor, dengan total sekitar 300 merek dari industri pendukung ambil bagian dari GIIAS 2019. (Hilary)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda