F1 GP Jerman: Lepas Silver Arrow, Mercedes Usung Livery Jadul

Kamis, 25/07/2019 20:59 WIB

mobilinanews (Jerman) - Masuk sirkuit Hockenheim pada laga GP Jerman, 26-28 Juli 2019, driver Mercedes Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas dibekali livery bersejarah. Putih akan jadi warna dominan mobil mereka. Livery khas silver ditanggalkan sementara.

Berawal dari event balap 125 tahun lewat, tepatnya turing dari Paris ke Rouen pada tahun 1894, Mercedes memulai kiprahnya di dunia motorsport. Putih menjadi pilihan warna mobil. Dalam konteks itulah Mercedes ingin tampil putih kembali di kandang sendiri, GP Jerman, dimana Mercedes juga jadi sponsor utama penyelenggaraan.

Mengapa kemudian livery-nya berubah jadi silver, ternyata ada kisah tersendiri. Dalam rilis yang disebar Mercedes, warna silver datang tanpa perencanaan. Itu terjadi pada event balap Eifelrennen di Sirkuit Nurburgring pada 1934. Mercedes-Benz W25 yang berkompetisi saat itu hadir di trek dengan livery tradisionalnya, putih. Tapi, warna itu harus diubah karena berkaitan dengan berat mobil sesuai aturannya.

Dimana korelasinya warna cat dengan berat mobil?

Ini ceritanya. Peraturan saat itu membatasi berat mobil peserta sampai 750 kg saja tanpa bahan bakar minyak, oli, air pendingin maupun ban. Nah, saat ditimbang, berat W25 ternyata lebih dari batas 750 kg itu. Lebihnya hanya sedikit tapi tetap saja melanggar peraturan.

Tak mungkin mengubah desain mobil dalam waktu yang sangat singkat. Akhirnya solusi yang paling memungkinkan saat itu adalah melepas cat putih di seluruh bodi mobil, dan akhirnya batas 750 kg terpenuhi.

"Setelah cat putih dikelupas, warna dasar logam dari bodi mobil keluar, yakni perak. Itulah proses lahirnya livery Silver Arrow," bunyi rilis Mercedes yang sampai musim ini meneruskan livery tersebut. (rnp)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda