Program CSR Bidang Pendidikan, Isuzu Jadi Partner Bagi Banyak Lembaga Pendidikan

Sabtu, 27/07/2019 11:31 WIB

mobilinanews (Tangerang) - PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yang merupakan perusahaan di dalam grup Astra menggelar program CSR di bidang pendidikan melalui program “IAMI Education Partner”. 

Sejalan dengan Inpres No.9 Tahun 2016, tentang “Revitalisasi SMK dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia” dan Permenperin No. 3 Tahun 2017, tentang “Pedoman Pembinaan dan Pengembangan SMK Berbasis Kompetensi yang LINK & MATCH dengan Industri," PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) melakukan Program CSR dengan Tema “Isuzu Link & Match with SMK” yang mulai diinisiasi Tahun 2017. 

Adapun beberapa kegiatannya adalah sebagai berikut,

1. Pembekalan Wawasan Dunia Kerja

2. Praktek Kerja Industri

3. Penyelarasan Kurikulum Berbasis Kompetensi

4. Pengembangan Sarana dan Prasarana Praktikum

Program ini digulirkan untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK di lingkungan Bisnis Isuzu sehingga siap memasuki dunia kerja dengan menggandeng beberapa SMK terutama di Ring 1 sebagai partnernya, antara lain:

1. SMK Taruna Bangsa Bekasi

2. SMK Pratama Mulya Karawang

3. SMK Texmaco Karawang

Pada tanggal 17-21 Desember 2018 telah dilaksanakan salah satu bagian kegiatan dari Penyelarasan Kurikulum Berbasis Kompetensi yaitu dengan melakukan pelatihan kepada Guru-Guru SMK. 

Setelah selesai dari pelatihan, Guru-Guru SMK mengajarkan kembali materi pelatihan kepada siswa-siswi nya di masing-masing sekolah. Adapun beberapa materi kompetensi yang diajarkan kepada Guru-Guru SMK mencakup Mekanik Mesin Diesel, Operator Las, dan Operator LK3 (Lingkungan Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Kemudian, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 diberikan secara simbolis kepada SMK Taruna Bangsa Bekasi dan SMK Pratama Mulya Karawang sebagai salah satu rangkaian kegiatan dari program CSR “Isuzu Link & Match with SMK” yaitu : Pengembangan Sarana dan Prasarana Praktikum. 

"Hal yang serupa juga kami lakukan kepada Politeknik Manufaktur Astra dan Politeknik Negeri Jakarta. Hingga akhirnya, program CSR “IAMI Education Partner” ini diharapkan dapat menjadi partner bagi instansi/lembaga pendidikan lainnya dalam mengiringi perjalanan kemajuan dunia pendidikan di Indonesia," jelas keterangan resmi Isuzu. (adr)

TERKINI
PEVS 2024 : Wuling Resmi Membuka Pemesanan Mobil Listrik Cloud EV, Segini Harganya Bus Trans Juragan 99 Diberi Nama-nama Lucu dan Unik, Terinspirasi Kartun dan Anime Mitsubishi Fuso Mensupport Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia