F1 Jerman 2019 : Hamilton Pole Sitter, Verstappen Mengancam, Leclrec Punya Harapan

Minggu, 28/07/2019 00:32 WIB

mobilinanews (jerman) - Tanpa duo Ferrari di sesi kualifikasi memang memudahkan Lewis hamilton meraih pole position GP Jerman yang balapan sesungguhnya berlangsung Minggu, 28 Juli 2019 esok. 

 Mencermati performa Mercedes yang tidak sedominan ronde sebelumnya, sepertinya bakal ada kejutan lain pada raceday besok.

Yang paling memungkinkan bikin kejutan adalah Max Verstappen yang start front row bareng Hamilton.

Pembalap Red Bull bermesin Honda itu optimistis bisa mengimbangi Mercedes yang tampak kewalahan menghadapi suhu panas di Hockenheim.

Itu problem utama Mercedes sehingga baik Hamilton ataupun Valtteri Bottas sama sekali tak pernah berada di level tercepat pada tiga sesi latihan resmi.

Yang dibutuhkan Verstappen adalah setelan baru agar power mobilnya bisa ditingkatkan pada trek lurus Hockenheim.

"Di bagian itu saya kewalahan. Jika kami bisa tingkatkan, rasanya balapan akan menarik," kata driver Belanda yang masih bereuforia dengan kemenangan di GP Austria itu.

Hamilton pun mengaku performa mobilnya belum seperti diharapkan.

Meski demikian ia bahagia bisa menyumbangkan pole position saat Mercedes merayakan 125 Tahun keberadaan brand ini di kancah motorsport.

Seperti beberapa kejadian sebelumnya yang merugikan Leclrec, Hamilton pun menyampaikan rasa simpatinya. Maklum, Leclrec adalah pembalap yang dominan di sesi latihan.

"Sayang Charles tak ikut Q3. Jika ikut mungkin catatan waktu kami tak terpaut jauh," kata Hamilton yang masih harus menunda keinginan fight melawna Leclrec sejak awal start.

Driver Mercedes satunya, Valtteri Bottas, mengaku sangat kecewa karena gagal memanfaatkan situasi dan hanya tercepat ketiga.

Seperti halnya Hamilton, sulit baginya memprediksi bakal situasi balapan.

"Akan sangat bergantung cuaca. Kami ya berharap lebih teduh," tegas Bottas.

Posisi Bottas di Mercedes pada 2020 benar-benar di ujung tanduk karena terancam kehadiran Esteban Ocon yang memang pembalap binaan Mercedes.

Akan halnya Lecrlec yang start dari posisi 10, diprediksi bisa bertarung ke zona podium dengan catatan sepanjang malam ini tim teknik Ferrari bisa mengatasi problem teknis yang terjadi.

Ia masih menyimpan harapan mengingat set up mobilnya saat ini tampak paling cocok dengan karakter trek Hockenheim, terutama dalam hal daya cengkeram ban.

Semoga Ferrari bisa mengatasi problemnya. Setidaknya agar penampilan apik Leclrec kembali bisa tersaji.

Apalagi jika ia bisa bertemu Verstappen di zona perebutan podium, itu bisa jadi penawar luka hati para tifosi Ferrari di sesi kualifikasi. (rnp)

HASIL KUALIFIKASI GP JERMAN 2019:

  1. Lewis Hamilton Mercedes 1:11.767
  2. Max Verstappen Red Bull Racing +0.346
  3. Valtteri Bottas Mercedes +0.362
  4. Pierre Gasly Red Bull Racing +0.755
  5. Kimi Raikkonen Alfa Romeo +0.771
  6. Romain Grosjean Haas +1.084
  7. Carlos Sainz McLaren +1.130
  8. Sergio Perez Racing Point +1.298
  9. Nico Hulkenberg Renault +1.359
  10. Charles Leclerc Ferrari DNS – kerusakan mesin

TERKINI
AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata Meneropong Target Penjualan Jutaan Unit Chery Secara Global