Ini Daftar Pemenang Toyota Eco Youth Awarding ke-11

Rabu, 07/08/2019 17:55 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Pada  Toyota Eco Youth Awarding Ke-11 yang digelar di Kemang Village, Jaksel, Selasa (6/8/2019) terdapat 2  kategori penilaian proyek proposal diantaranya Science dan Social.

Pada kategori ‘Science,’ Juara 1 berhasil diraih SMAN 5 Yogyakarta yang mengangkat tema “Pemanfaatan Ekstrak Daun Pepaya dan Abu Kayu sebagai Pestisida Hama Ulat Kubis”, juara 2 SMK Texar Karawang dengan tema “Alat Pengurai Kemacetan” dan Juara 3 diraih SMAN 3 Merauke bertema “Hydrovolot Recycle Limbah Domestik menjadi Energi Listrik 900 watt dan sebagai Water Netralisir.”

Dalam kategori ‘Social,’ Juara 1 sukses dicapai oleh SMAN 2 Semarapura (Bali) yang mengangkat tema “Film Pendek Komedi Pemilihan Sampah (Filadipisah) Strategi Jitu Menggugah Kesadaran Masyarakat untuk Memilih Sampah Skala Rumah Tangga.”

Juara 2 diraih SMAN 19 Bandung dengan tema “Udunan Sampah” serta Juara 3 diperoleh SMAN 1 Ambon bertema “Penerapan Budaya Kalesang Kintal dan Kewang Upaya Pembangunan Karakter Siswa di Lingkungan Sekolah.”

Pemenang ‘Best of Best’ TEY Awarding Ke-11 disabet SMAN 5 Yogyakarta yang juga akan menerima hadiah berupa perjalanan ‘Eco Trip ke Jepang.’

Kegiatan TEY yang telah berlangsung secara berkelanjutan hingga menginjak usia ke-11 telah menjadi wadah yang sukses menstimulasi gagasan generasi muda dalam mencetuskan program-program pembaharuan kondisi lingkungan dan komunitas.

Dengan mengusung tema ‘Ecosociopreuner,’ yaitu konsep program yang mengajak partisipasi masyarakat untuk menghasilkan nilai ekonomi namun tetap berfokus pada pelaksanaan program lingkungan.

Pada penyelenggaraan TEY ke-11 kali ini, jumlah SMA dan SMK yang terlibat menjadi peserta mencapai 600 sekolah dengan total proposal proyek lingkungan hidup mencapai 4.000 proposal dari 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jika diakumulasi, sejak TEY ke-1 hingga TEY ke-11 total partisipasi dalam program TEY mencakup hingga 8.500 proyek dan 2.100 sekolah.

Dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi, Toyota Indonesia dan para dewan juri menetapkan kriteria menyaring 25 proposal terbaik dari 25 sekolah dengan indikator penilaian berupa Local Eco Problem, Solusi yang Diusulkan, Rencana Proyek dan Keaslian Proyek.

Ketika proposal proyek dirasa sudah cukup mumpuni maka setiap finalis akan melakukan final presentasi di Jakarta dan akan memamerkan hasil proyeknya di hadapan publik umum dalam ‘Ajang Penghargaan TEY ke-11.’

Pada TEY kali ini, Toyota Indonesia juga mengundang partisipasi Dewan Juri yang terdiri dari Perwakilan Dept. Fakultas Biologi, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Universitas Indonesia dan Wakil Presiden Direktur Conservation International Indonesia (CI) Prof. Jatna Supriatna PhD, Social Media Expert & Millenials Movement Expert Yoris Sebastian, dan Perwakilan National Geographic Indonesia Didi Kaspi Kasim.

Kriteria pemenang yang digunakan dan bobot yang harus dipenuhi adalah pengaruh dari solusi (30%), rencana proyek dengan pola QCC atau Quality Control Circle (20%), laporan proyek secara teratur baik secara online dan tertulis (20%), rencana keberlanjutan secara ekonomis (20%) dan presentasi proyek (10%). (bs)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag