MPV Jadi Mobil Rally Ternyata Rumit, Xpander AP4 Ternyata Dibangun di New Zealand

Kamis, 08/08/2019 07:41 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Xpander Rally Team yang digawangi Rifat Sungkar dengan co driver M. Redwan bersiap untuk bertolak ke New Zealand untuk mengikuti kejuaraan rally disana.

Sesuai dengan nama timnya, Rifat rencana akan membesut mobil MPV yang saat ini tengah populer di Indonesia yakni Mitsubishi Xpander dengan platform AP4.

Xpander AP4 ini ternyata dibangun dan didevelop di New Zealand. "Mobil ini dikerjakan oleh Rally Art New Zealand. Untuk erodinamika dikerjakan di Indonesia," kata Rifat Sungkar, Rabu (7/8) di Kota Kasablanca, Jakarta Selatan.

Rifat menambahkan, mobil MPV atau yang lebih dikenal sebagai kendaraan keluarga memang sangat jarang dibuat untuk rally. Bahkan ini yang pertama kalinya.

Karena itu, pengembangan Xpander AP4 untuk rally juga sangat menghadirkan tantangan tingkat kesulitan yang cukup rumit.

"Karena MPV, size struktur suspensinya lebih besar dibandingin mobil lain yang basicnya hatchback. Karena dimensi lebih panjang jadi suspensi, rasio gearbox, dan aerodinamika masih pengembangan. Besok kita kesana selain balapan juga untuk lanjutkan RnD," lanjutnya.

Untuk bagian mesin, Rifat mengungkapkan kalau dapur pacu Xpander AP4 ini mengusung basis mesin EVO 10, namun kapasitas cc nya dipangkas menjadi 1600. "Mesin mobil ini cukup populer dari Evo 10 yang diturunkan cc nya menjadi 1600," beber Rifat. (adr)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Disupport Daihatsu, Ajak Pelanggan Setia Berkumpul Dalam Semangat Persahabatan di Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap