AXCR 2019: Hari ke-3, Peringkat Tim Indonesia Mulai Merangsek Naik

Selasa, 13/08/2019 15:01 WIB

mobilinanews (Kamphaeng Phet) - Indonesia Cross Country Rally Team khususnya divisi motor yang dihuni oleh Fathir Muchtar dan Rudy Poa mulai memperbaiki posisi mereka di hari ke-3 kejuaraan Asia Cross Country Rally (AXCR) 2019 yang berlangsung di Thailand dan finish di Myanmar.

Fathir Muchtar berhasil naik empat peringkat menjadi posisi ke14. Hal ini cukup menjadi kejutan karena sebagai pendatang baru, Fathir cepat melakukan adaptasi dalam membaca manual navigasi. Sedangkan Rudy Poa yang sempat tertinggal jauh, mulai memperbaiki waktunya dan tentunya secara peringkat menjadi lebih baik.

“Cukup berat untuk laga pada SS 2 ini, dalam jalur pun banyak jebakan sehingga membutuhkan kejelian dalam membaca navigasi. Untuk karakter tanah yang lengket dan licin menjadi pembeda pada balapan hari ini. Tetapi open track yang cukup banyak, membuat kami dapat memaksimalkan kecepatan untuk memperbaiki peringkat. Menjaga performa yang stabil menjadi kunci kami agar selalu dapat meraih hasil maksimal,” ungkap Rudy Poa.

Namun sebelum meraih hasil tersebut, para pembalap diharuskan melalui medan pada SS kedua yang memiliki jarak tempuh mencapai 596, 34 kilometer. Jarak tempuh tersebut terbagi dalam 234, 37 kilometer untuk SS 2, tetapi layaknya AXCR yang mengharuskan seluruh pembalap menempuh jarak tertentu sebelum memasuki Special Stage.

Pada SS kedua, untuk menuju area balap yang berada di Lopburi harus ditempuh sejauh 136 kilometer. Selanjutnya, setelah finish di Phai Sali, seluruh peserta harus menempuh jarak 225 kilometer untuk menuju ke hotel (Kamphaeng Phet). Kondisi cuaca yang cepat berubah membuat para pembalap kembali merasakan tantangan yang nyaris serupa dengan SS pertama.

Lintasan pada SS kedua memang masih didominasi oleh jalan di perkampungan, perkebunan, hutan dengan area terbuka cukup banyak. Seperti yang dikatakan oleh Pitak Bhradprueng - Course Director tentang lintasan di SS kedua yang tidak berbeda jauh dengan SS 1 tetapi lebih indah dengan banyaknya area terbuka. "Dengan finish berada di Phai Lali, provinsi Nakhonsawan - Thailand, membuat banyak lintasan yang menantang dengan pemandangan indah yang berada di dalam hutan."

Sementara itu, di kategori mobil, perwakilan Indonesia Cross Country Rally Team masih terkendala beratnya beratnya medan. Walau kurang mendapatkan hasil maksimal pada AXCR 2019 - SS kedua, Memen Harianto dan Wijaya Kusuma masih memiliki peluang dengan empat SS yang tersisa. Keduanya memastikan akan berlaga dengan target meraih hasil yang lebih baik hingga berakhirnya AXCR 2019. (adr)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap