Tahun ke-3, Carsome Makin Diapresiasi Karena Mendorong Pertumbuhan Industri Otomotif

Rabu, 14/08/2019 18:13 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Platform jual beli mobil bekas, Carsome sudah memasuki tahun ke-3. Sejauh ini eksistensi Carsome tak hanya sekedar menawarkan alternatif platform jual beli mobil saja, namun lebih dari itu Carsome juga turut mendorong pertumbuhan industri otomotif.

Sebagai bagian dari eksistensinya, Carsome bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot) menggelar Sesi Diskusi Media bertajuk “Mendorong Pertumbuhan Industri Otomotif Indonesia melalui Efisiensi Penjualan Mobil Bekas” yang diadakan Rabu (14/8) di Kemang, Jakarta Selatan.

Diskusi ini dihadiri oleh sejumlah jurnalis senior, sehingga diskusi berjalan menarik dan topik yang diangkat pun juga cukup seksi mengingat tren jual beli mobil bekas tak pernah lekang oleh waktu.

Country Manager Carsome Andreas Djingga mengaku bahwa diskusi ini sangat bermanfaat untuk memahami pasar otomotif di Indonesia yang rumit namun menyimpan potensi besar. "Memasuki tahun ketiga layanan kami di Indonesia, penting bagi kami untuk mengukur kembali apa saja yang sudah kami capai dan bagaimana kami bisa mengoptimalisasi peran kami di Indonesia,” kata Andreas Djingga.

Carsome sendiri terbilang cukup pintar dalam melihat peluang lewat layanan berbasis start up. Seperti yang kita tahu proses jual beli mobil baru di Indonesia juga masih kurang efisien, karena calon pembeli harus berinteraksi dengan dealership dan perusahaan pembiayaan. Prosedur after-sales juga tak kalah ribetnya.

Carsome hadir dengan memahami kebutuhan para penjual mobil individual di Indonesia, lewat proses yang lebih efektif dan efisien, serta memberikan hasil yang lebih menguntungkan bagi para penjual mobil bekas.

Solusi yang ditawarkan Carsome juga mendapat apresiasi dari pengamat sekaligus jurnalis otomotif Gesit Prayogi. Menurutnya Carsome memberikan dampak positif pada industri otomotif secara umum.

"Kehadiran platform seperti Carsome, membuat perputaran kapital di industri otomotif berlangsung dengan efisien, sehingga pembelian mobil berikutnya juga menjadi lebih cepat. Apalagi dengan mendapat penawaran terbaik, penjual mobil memiliki lebih banyak pilihan untuk mengganti mobil barunya,” papar Gesit.

Sebagai platform daring untuk jual mobil, Carsome menawarkan akses ke inspektor berpengalaman dan akses ke ratusan dealer terverifikasi di Jabodetabek. Alhasil, proses jual mobil bekas yang biasanya baru selesai dalam 2-3 bulan, bisa selesai sangat cepat dalam 1 hari saja. Artinya dalam 1 hari, sang penjual sudah memiliki kapital segar untuk membeli mobil barunya.

Sebagai tambahan informasi, Carsome sejauh ini telah tumbuh sebagai pemain besar jual mobil bekas di Jabodetabek dengan keberhasilan lebih dari 6000 penawaran dari ribuan dealer dari tahun 2018 ke tahun 2019 dan lebih dari 20 persen tren peningkatan transaksi setiap bulannya.

Hingga kini, Carsome pun telah menjalin kemitraan dengan 1150 dealer se-Jabodetabek, dan akan terus memperluas jaringan operasionalnya ke kota-kota lain di Indonesia. (adr)

TERKINI
Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya!