Toyota Yaris Makin Diminati Pembalap di ISSOM

Jum'at, 23/08/2019 21:53 WIB

mobilinanews (Sentul)  - Keberhasilan para punggawa Toyota Team Indonesia (TTI) dalam meraih gelar juara nasional kejurnas Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1600 Max dua tahun beruntun ternyata berdampak positif. 

Yakni dengan semakin banyaknya pembalap yang memilih menggunakan Toyota Yaris, khususnya di kelas kejurnas 1600 dan 1500 dan kelas Japan Super Touring Championship (JSTC).

Pembalap andalan TTI, Haridarma Manoppo menjelaskan, potensi Yaris juga bisa dirasakan saat mulai tampil di kelas JSTC yang diikuti mobil-mobil pabrikan Jepang dengan spesifikasi yang berbeda-beda.

Bahkan tak sedikit peserta membesut kendaraan dengan spek mesin yang jauh lebih tinggi.

“Di kelas JSTC ini tantangannya berbeda di mana kami harus bisa dengan cermat memantain kondisi kendaraan untuk tetap prima sepanjang balap berlangsung. Sedikit saja terjadi kesalahan dapat membuat kami kehilangan posisi, mengingat banyak mobil dengan spesifikasi mesin yang lebih kuat ikut serta pada ajang ini," jelas Haridarma. 

Tapi dengan performa Yaris yang mumpuni sangat membantu saya dalam menjaga momentum sehingga tidak mudah disalip lawan.

Senada dengan seniornya, Demas Agil yang pada tahun 2019 ini memfokuskan dirinya di balap Touring juga mengungkapkan ada keseruan tersendiri turun di kelas JSTC.

“Berkompetisi dengan mobil yang memiliki spesifikasi dan kelas mesin yang berbeda bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan strategi yang jitu dan konfigurasi mobil yang tepat untuk dapat memenangkan ajang JSTC ini. Setelah memacu performa Yaris secara maksimal dalam bersaing dengan mobil lain yang lebih kuat, saya bisa mempertahankan posisi terdepan pada ajang ini,” beber Demas.

Seperti yang kita tahu sebelum "comeback" nya TTI di balap touring di pertengahan tahun 2017, kelas kejurnas didominasi kendaraan-kendaraan hatchback dari pabrikan Honda.

Tahun ini, beberapa nama pun mulai berlaga menggunakan Toyota Yaris baik untuk dipakai di kelsa Kejurnas maupun JSTC.

Beberapa pembalap yang saat ini menjadi joki Toyota Yaris adalah Mirza Putra Utama dari tim Asco Motorsport dan Rian Risky dari tim B16 AP Speed.

Bersama Toyota Yaris, keduanya pun mulai menjadi kekuatan baru di ajang balap touring ISSOM.

Mirza memakai Yaris untuk tampil di dua kelas yakni Kejurnas ITCR max dan JSTC, sedangkan Rian Risky menurunkan Yaris miliknya hanya untuk kelas kejurnas ITCR Max. (adr)

TERKINI
Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas Wuling Ajak Komunitas Rasakan Sensasi dan Kenyamanan Berkendara Cloud EV Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024