Begini Tips Memilih GPS Tracker Pelacak Kendaraan

Sabtu, 24/08/2019 19:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Keberadaan alat GPS Tracker atau pelacak di dalam sebuah kendaraan sudah mulai menjadi kebutuhan bagi Pemilik kendaraan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah membelinya.

“Jenis sistemnya pastikan memiliki fitur yang lengkap, tidak hanya dapat memantau atau melacak kendaraan saja,” saran Ade Habibie, Chief of Media and Brand Activation PT. Super Spring, salah satu penjaja produk GPS Tracker kepada Mobilinanews (24/8/2019).

Fitur lengkap yang dimaksud yakni dapat memantau rute perjalanan selama beberapa bulan terakhir, Kecepatan dan Mendengarkan Suara dalam kabin.

Hingga terdapat Sensor Batas Kecepatan, Tombol Darurat (SOS), Fitur Matikan Mesin (Engine Cut Off) dari jarak jauh, Sensor Mesin kendaraan (Hidup atau Mati) dan lain sebagainya.

“Pastikan GPS Tracker mempunyai kemampuan pelacakan Real Time, dan keakuratan posisi kendaraan saat itu juga. Jangan sampai saat kita perlu mengejar kendaraan yang diambil maling, kita kesulitan karena tidak realtime,” yakinnya.

Pilih juga GPS Tracker yang telah dilengkapi sistem monitoring user friendly atau mudah dipahami dan Aplikasi dukungan yang bisa diakses di banyak perangkat yaitu PC dan Smartphone. 

Kemudian history lengkap kendaraan, mudah dibaca, dipahami, di download dengan format yang mendukung, dapat di-download hingga di-print sehingga bisa dijadikan bukti valid atas aktifitas kendaraan.

“Pilih GPS Tracker yang mempunyai Server Center sendiri, dikelola oleh Perusahaan tersebut. Usahakan tidak memilih GPS Tracker yang servernya menyewa pada penyedia Hosting, bahkan ada juga yang numpang di Hosting Gratisan,” tambah Ade.

Kekurangan GPS Tracker yang tidak memiliki server sendiri, antara lain kuota penyimpanan pada server sangat minim dan waktu akses akan lebih lambat. 

Karena server menangani segala macam data dan traffic yang tinggi bersamaan pengguna lain yang penggunaannya memang tidak difokuskan untuk GPS. 

Kemudian karena server bukan milik sendiri maka konsumen akan dikenai biaya, juga ada yang trial gratis untuk bulan atau tahun pertama selanjutnya akan dikenai biaya, ada juga yg gratis tentu dengan segala kekurangan.

GPS Tracker merupakan produk investasi jangka panjang, akhir-akhir ini banyak perusahaan GPS yang berdiri namun tidan sedikit yang tidak konsisten hingga akhirnya perusahaan tutup. 

“Jika GPS Tracker yang anda beli tidak ada lagi dukungan dan layanan, tidak akan ada fungsinya lagi. Pastikan Perusahaan GPS tersebut sudah beroperasi di Indonesia sejak lama,” tambah pria yang juga aktif di komunitas otomotif Calya Sigra Club ini.

“Ijin Resmi dan Sertifikasi Postel, ini salah satu yang paling penting. Jangan sampai nanti IMEI pada GPS terblokir karena masuk Indonesia secara ilegal atau tidak resmi,” saran Ade.

Lalu juga, Kualitas Versus Harga. Menurutnya jangan mudah jatuh hati dengan harga murah. Yang terpenting pelayanan after salesnya. Seperti memiliki layanan support 24 jam dan layanan bantuan teknis yang tersedia di banyak kota. (anto)di 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap