F1 GP Belgia: Korban Tewas Ke-48 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Anak Emas Renault Ini Tinggal Selangkah ke F1

Minggu, 01/09/2019 10:55 WIB

mobilinanews (Belgia) - Berita duka datang dari Sirkuit Spa-Francorchamps, Sabtu, 31 Agustus 2019. Pembalap Prancis Anthonie Hubert tewas di lintasan dalam usia belia, 22 tahun.

Ia alami kecelakaan fatal saat ikut Feature Race di kancah F2. Lokasinya di salah satu trek lurus Spa dengan kecepatan di atas 300 km/jam. Mobil pembalap tim BWT Arden ini terbelah saat selip dan dihajar mobil pembalap AS, Juan-Manual Correa. Tak lama, Hubert menghembuskan nafas terakhirnya sementara Correa masuk perawatan intensif di CHU Liege Hospital.

Seorang pembalap lain juga terlibat dalam kecelakaan itu, yakni Giuliano Alesi, berumur 19 tahun, yang tak lain adalah putra pembalap F1 era 1990-an Jean Alesi. Alesi tak cedera berarti, hanya saja shock melihat T-crash antara dua rekannya itu.

Hubert adalah korban tewas ke-48 di Sirkuit Francorchamps. Itu yang balapan. Korban tewas marshall tercatat 4 orang. Yang luka-luka, berat maupun ringan, sungguh tak terbilang. Kecelakaan memang acap terjadi di trek ini, termasuk di kelas F1.

Tim pabrikan Renault jelas kehilangan karena Hubert adalah anak binaannya yang sangat berbakat. Balap gkart sejak umur 12, ia terus main di balap single seater. Ia juara F4 prancis dalam usia 19 tahun. Tahun lalu ia juara seri GP3 dan membawanya mulus ke jenjang F2 musim ini.

Hubert adalah pembalap binaan Renault, pabrikan Prancis yang turun di kancah F1. Ia salah satu pembalap harapan Renault dan Prancis yang akan tarung di F1. Ajang balap impian semua pembalap single seater itu tinggal selangkah lagi dalam perjalanan karir Hubert.

"Kami semua merasa sangat sedih dan kehilangan. Ia pembalap yang sangat berbakat. Karirnya bersinar. Juga menyenangkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Team Principal Renault F1 Cyril Abiteboul.

Guna menghormati Hubert dan keluarganya, FIA memutuskan untuk tidak melanjutkan raceday F2 padqa Minggu (1/9) ini. Jelang balap F1 direncanakan upacara khusus untuk mengenang Hubert. (rnp)

TERKINI
Ofero Perkenalkan Baterai Lithium, Unit Motor dan Sepeda Listrik Baru di Asia Bike GAC Aion V Generasi ke-2 Siap Tampil di Indonesia, Terlihat Macho dan Semakin Canggih FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat