Pilihan Sok Yamaha Xeon GT 125, Xeon Karbu dan Xeon RC

Senin, 10/08/2015 21:59 WIB

mobilinanews(Jakarta) - Terkadang pemilik yang baru menebus Yamaha Xeon GT 125 kerap menggantikan sokbreker besutannya. Pasalnya, selain merasakan handling yang nyaman, peranti tersebut juga sebagai pendongkrak tampilan tunggangan.

“Memang sih gak semua pengguna mau ganti, tapi komponen aftermarket itu yang bikin rebound lebih soft. Sehingga riding buat harian atau turing makin nyaman,” papar Temmy, pemilik toko Tem’s Motor daerah Kebun Jeruk III, No. 18, Kota, Jakbar.

Ragam dan merek pasti bikin bingung, kan! Nah, biar gak bingung dan gak salah beli sok aftermarket itu, paling tidak tahu ukuran standarnya. Berapa cm sih panjang sok belakang Xeon GT 125 itu?

“Panjang sok orisinal Yamaha Xeon GT 125 itu masih sama dengan Xeon sebelumnya. Diukur antar lubang baut sok atas sampai bawah, yakni 297,5 mm. Jadi, masih bisa memakai peranti dari Yamaha Xeon karbu atau Xeon RC,” ungkap Slamet, Yamaha Technical Academy (YTA) PT YIMM.

Ada label YSS Hybrid, Yoshimura, Yoko, DBS, G@zi dan lainnya. Buat harga dari Rp 150 ribu sampai jutaan. Modelnya juga ada yang ulir saja dan plus tabung. So, tinggal sesuaikan keinginan dan budget.

Eits, sabar dulu, bro! Jangan buru-buru langsung beli. Jika ingin meminang sok yang model tabung, kudu ada sedikit penyesuaian. Yaitu, sisikan sepatbor belakang harus dicoak sedikit biar tabung sok gak mentok dan enak dipandang.
 
“Sedang panjang sok aftermarket ada yang 300 mm dan 320 mm. Sehingga bisa sesuaikan sama tampilan skutik kesayangan, mau tinggi atau standar. Apalagi yang menggunakan pelek dengan ring 17,” tambah Temmy, sapaan akrabnya.

Buat yang ingin terlihat tinggi, pilih merek Yoshimura atau Showa panjangnya 320 mm. Ragam peranti tersebut ada yang model tabung, tapi sedikit penyesuaian di sepatbor belakang. Yang enak YSS Hybrid, karena peranti ini bisa disetel buat empuk atau kerasnya.

Nah, mau pilih yang mana?

Table harga
YSS Hybrid     : Rp 300-500 ribu
KTC     : Rp 600 ribu - 2,5 juta
G@zi     : Rp 400 ribu
G@zi (tabung)     : Rp 700 ribu
Yoko     : Rp 185 ribu
Yoko (tabung)     : Rp 250 ribu
Yoshimura (tabung)     : Rp 250 ribu
Vixo (tabung)     : Rp 250 ribu
DBS     : Rp 185 ribu
DBS (tabung)     : Rp 250 ribu
Ride It (tabung)     : Rp 275 ribu

Tem’s Motor : 021-6251399

Keyword :

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing