Nissan LEAF Hadirkan Teknologi Berkendara Masa Depan

Selasa, 10/09/2019 13:40 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Atas undangan PT NMI, Mobilinanews berkesempatan mencoba performa dari mobil listrik Nissan LEAF ini di trek khusus, Proving Ground Bridgestone Indonesia di Karawang, Jawa Barat pada Senin (9/9/2019).

Dalam presentasi PT NMI sebelum sesi test drive, Nissan LEAF generasi kedua ini sudah mengalami penyempurnaan power train dan memiliki kapasitas baterai voltase tinggi sebesar 40 kWh. 

Electric Vehicle (EV) paling laris di dunia ini mampu menempuh jarak sekitar 400 kilometer dalam kondisi baterai penuh.

Nissan mengklaim, tenaga yang dihasilkan setara dengan mobil berbahan bakar minyak kapasitas 2.000 cc yang dilengkapi turbo.

Wajar saja dengan keluaran torsi sebesar 350 Nm membuat akselerasi dari motor listrinya lebih responsif dan cepat.

5 persen lebih cepat dari generasi pertamanya. Begitu juga penyempurnaan pada kabinnya yang lebih kedap khas mobil premium.

Selain itu, teknologi terbaru yang diusung mobil ini adalah e-Pedal, kehebatan e-Pedal ini adalah hanya menggunakan satu pedal untuk mengoperasikan mobil.

Paling menarik di Nissan LEAF adalah teknologi terbaru e-Pedal, yang memungkinkan pengemudian dengan satu pedal saja. 

e-Pedal pada Nissan LEAF terasa peka pada kecepatan tinggi, cara kerjanya ketika pedal gas ditekan pada kecepatan tertentu lalu dilepas, e-Pedal akan bekerja mengurangi kecepatan secara spontan mendorong kinerja pengereman.

“Jadi cukup menggunakan pedal gas, dengan melepas pedal gas maka otomatis akan merasakan efek pengereman,” jelas Jauhari Adzannis, Senior Manager R&D PT NMI.

Menurutnya, meski tanpa menekan pedal rem akan tetap aman dan dapat merasakan laju mobil berhenti dengan sempurna.

“Brake effect dihasilkan dari motor yang otomatis men-trigger brake booster, sehingga tetap mengunakan disc brake sebagai media untuk mengerem,” tambahnya.

Segenap fitur-fitur unggulan yang dihadirkan Nissan LEAF membawa teknologi berkendara di masa depan dapat dirasakan di masa kini. (anto)

TERKINI
Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta