Hyundai Motorsport Angkat Posisi Hayden Paddon Ke Tim Utama

Selasa, 11/08/2015 12:01 WIB

mobilinanews (Global) – Pada putaran ke-10 World Rally Championship (WRC) 2015 di Australia (Rally Australia) pada 10 – 13 September 2015, tim Hyundai Motorsport membuat strategi yang cukup istimewa. Paling tidak bagi Hayden Paddon, pereli 28 tahun asal Selandia Baru yang telah sukses meraih dua podium musim ini, P2 di Rally Italia (seri ke-6) dan P3 (seri ke-7) di Rally Polandia.

Pasalnya pada putaran ke-10 Rally Australia, Hayden Paddon akan menemani Thierry Neuville di tim utama Hyundai Shell World Rally Team. Atau dengan kata lain menggantikan posisi Dani Sordo. Keputusan ini baru dirilis oleh pihak Hyundai Motorsport pada Senin (10/8) kemarin.

Strategi Hyundai Motorsport ini tentu tidak terlepas dari kompetisi memperebutkan posisi kedua di klasemen manufaktur. Saat ini Hyundai Motorsport berada di posisi ketiga klasemen manufaktur dengan nilai 139, terpaut 2 poin dari Citroen Total Abu Dhabi WRT yang memiliki nilai 141.

Melalui strategi baru ini, Haydon Paddon yang ditemani co-driver John Kennard akan menggunakan Hyundai i20 WRC bernomor start #8, yang akan menjadi rekan setim Thierry Neuville (#7 Hyundai i20 WRC). Sementara Dani Sordo harus berbesar hati mengendarai Hyundai i20 WRC bernomor #20 yang selama ini dikendarai Paddon, walaupun pada seri ke-11 (Tour de Corse Rallye de France) akan kembali mengendarai mobil nomor start #8.

Paddon sendiri dinilai memiliki kemampuan yang kuat di medan berkerikil, unik dan menantang seperti di Rally Australia, sehingga diharapkan bisa memberikan sumbangan poin optimal ke tim.

“Kami menghadapi kompetisi yang ketat di posisi kedua klasemen manufaktur, sehingga setelah mempertimbangkan kami memutuskan berupaya mengoptimalkan upaya perolehan poin di seri tersebut. Hayden juga sangat familiar dengan trek reli di sana, sementara Dani (Sordo) pada beberapa tahun terakhir tidak berkompetisi di trek tersebut. Meskipun demikian, dia akan tetap turun dengan menggunakan mobil #20 untuk mengenal stages sekaligus membangun pengalaman di trek tersebut,” kata Michel Nandan, Team Principal dari Hyundai Motorsport.

“Saya menyambut gembira kepercayaan tim ini. Meski di sisi lain bagi saya ini hanya perubahan nomor mobil, saya akan menggunakan pendekatan yang sama pada setiap reli yang saya hadapi. Bedanya kini tentu saya lebih gembira diberi kepercayaan lebih untuk meraih nilai optimal dan membantu tim di klasemen manufaktur,” kata Paddon.

“Kami telah mendiskusikan seluruh hal ini di dalam tim setelah Rally Finland (baca juga Neuville Bawa Hyundai i20 WRC Raih Posisi 4 Di Reli Finlandia), dan saya paham kami semua berupaya optimal ke arah yang sama, yaitu memperoleh hasil yang baik di klasemen manufaktur di akhir musim,” kata Dani Sordo.

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda