Ada Atau Tidak Asian Games, Palembang Tetap Bangun Flyover dan LRT

Selasa, 11/08/2015 17:35 WIB

mobilinanews (Palembang) – Pembangunan infrastruktur di Palembang tetap jalan terus ada atau tidaknya Asian Games tahun 2018 di ibukota Sumatera Selatan itu. Hanya saja, ingin agar pembagian venue (lapangan pertandingan) lebih fair dan realistis.

“Saat ini, Palembang mendapat 11 cabang olahraga (cabor) dari 37 yang akan dilombakan di Asian Games mendatang. Selebihnya, dilaksanakan di Jakarta. Kalau mau fair, ada beberapa cabang seperti aquatik (renang), atletik, tenis lapangan dan senam bisa diselenggarakan di Palembang,” ujar Alex Noerdin, gubernur Sumatera Selatan.

Orang nomor satu di Sumatera Selatan itu memberi alasan bahwa kolam renang yang ada komplek olahraga Jakabaring, Palembang masih yang terbaik di Indonesia.

alex

“Memiliki 10 lintasan (kolam renang Senayan hanya 8), kolam pemanasan sendiri, dan selama ini dipuji oleh partisipan SEA Games, Islamic Games dan event internasional lainnya. Daripada harus membangun kolam renang lagi, apa salahnya memakai yang sudah ada di Jakabaring,” lanjut Alex.

Sekarang ini ditengarai, ada upaya untuk mensentralkan pelaksanaan event di Jakarta. Padahal banyak venue di ibukota negara ini yang tidak memenuhi syarat, atau jaraknya terlalu jauh dari apartemen di Kemayoran akan segera dibangun sebagai pusat menampung para atlet.

Faktor kemacetan menjadi titik lemah yang akan menjadi kendala tersendiri kalau terlalu memaksakan event banyak digelar di Jakarta.

Ini yang harus diperhatikan Rita Subowo selaku ketua KOI (Komite Olimpiade Indonesia) yang punya wewenang untuk menentukan venue Asian Games. Hendaknya jangan Jakarta sentris.

Pasalnya ada kecenderungan Rita unfair dalam penentuan venue ini, yang dimungkinkan karena alasan bisnis dan ditengarai adanya kepentingan para sponsor.

Mananggapi itu, Alex minta agar semua pihak melihat dengan kepala dingin. “Saya mau sampaikan, ada atau tidak Asian Games, pembangunan infrastruktur di Palembang tetap jalan. Saat ini kami tengah ngebut pembangunan flyover menuju komplek olahraga Jakabaring yang sebentar lagi selesai,” ungkapnya.

Dengan rampungnya flyover itu, salah satu simpul kemacetan di Palembang bisa diatasi. Dari hotel ke venue perlombaan yang dipusatkan di Jakabaring bisa ditempuh hanya dengan hitungan menit.

Juga akan dibangun LRT (Light Rail Transit) sepanjang 27 kilometer dari bandara Sultan Mahmud Badaruddin 2 – Jakabaring (Palembang) mulai 2016. Pembangunan sudah disetujui Presiden Jokowi dan menggunakan dana APBN.

Top deh Pak Alex Noerdin.

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak