Antisipasi Kecelakaan, Hino Berikan Tips Mengemudi Truk di Jalan Menurun

Sabtu, 14/09/2019 19:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pasca kecelakaan di Tol Cipularang KM 91-92 yang terjadi Senin (2/9) lalu, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) gencarkan pelatihan mengemudi truk melalui program yang telah rutin dijalankan.

“Kami himbau pengemudi truk untuk mengoperasikan kendaraan sesuai dengan ketentuan dan kondisi jalan,” jelas Irwan Supriyono, Senior Executive Officer Technical & Service HMSI dalam keterangan resminya (11/9/2019). 

Karena menurutnya, apabila kendaraan dengan muatan penuh dikendarai dengan kecepatan tinggi, terlebih di jalan menurun, tentu akan sangat sulit untuk dikendalikan. 

“Gaya gravitasi mengakibatkan momentum kendaraan yang semakin besar. Sehingga pengereman menjadi berat dilakukan apalagi jika hanya mengandalkan rem kaki (pedal brake),” jelas Irwan. 

Berikut tips yang sebaiknya dilakukan pengemudi truk saat melewati jalan menurun sebagai antisipasi kecelakaan.

“Sopir harus memastikan bahwa kendaraan telah mengunakan gigi rendah, yaitu di bawah gigi 4, ,  kemudian gunakan engine brake dengan cara melepas pedal gas,” sarannya.

Selanjutnya, pengemudi dapat mengaktifkan rem gas buang (exhaust brake) dan menggunakan pedal brake untuk menjaga putaran mesin dan kecepatan kendaraan.

Apabila semua pengecekan kendaraan dilakukan dan tahapan pengereman ini dilakukan, maka keselamatan dalam berkendara dapat ditingkatkan. 

“Yang terpenting adalah peraturan dipatuhi khususnya kecepatan dan muatan kendaraan. Tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, terutama di jalan menurun,” tutupnya. (anto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag