Pabrik Ban Hankook Indonesia Layani Pasar Mancanegara

Selasa, 17/09/2019 21:48 WIB

mobilinanews (Cikarang) – Mobilinanews berkesempatan mengunjungi pabrik ban Hankook asal Korea Selatan yang berlokasi di Kawasan Delta Silicon Industrial Park, Cikarang, Jawa Barat (17/9/2019).

Tepat sejak enam tahun lalu diresmikan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada 17 September 2013.

Pabrik ban Hankook di Indonesia ini merupakan satu-satunya pabrik ban Hankook di Asia Tenggara yang memproduksi ban untuk layani pasar Mancanegara.

“Sejak awal pabrik ini dibangun, produksinya memang diarahkan ke luar Indonesia,” ujar Yoon Keun Yoong, General Manager Corporate Management Team PT Hankook Tire Indonesia pada kesempatan yang sama.

Di dunia, Hankook memiliki delapan pabrik yang tersebar dua pabrik di Korea, tiga pabrik di China, satu pabrik di Hungaria dan satu pabrik di Amerika Serikat. 

Pabrik ban Hankook di Indonesia ini merupakan pabrik ke-7 dan punya kapasitas produksi hingga 11.000.000 unit ban, merujuk data pada 2017.

Di pabrik dengan luas area 600.000 m² ini telah banyak memproduksi ban mobil penumpang, SUV dan Van.

Ada lima jenis ban yang diproduksi, diantaranya SP (Standard Performance), HP (High Performance), UHP (Ultra High Performance), LS (LTR SUV) dan LV (LTR Van).

Saat ini total karyawan mencapai 1.792 orang yang terbagi dalam tiga shift dan empat group. Ditargetkan jika total phase 5 terbangun, jumlah karyawan akan mencapai 4.200 orang.

Pada presentasinya, ketika pabrik direncanakan berdiri, diyakini produksi ban Indonesia punya peluang besar bersaing di pasar internasional.

Faktor pendukungnya, antara lain karena bahan baku utamanya yakni karet alam di Indonesia punya kualitas lebih baik dibanding karet negara lain.

Setelah enam tahun berproduksi, Hankook mampu memproduksi 12 juta unit ban per tahun. Hebatnya, 92% diekspor ke luar Indonesia. Tersisa hanya 8% untuk pasar domestik.  

Seperti harapan pemerintah saat peresmian enam tahun lalu, kini sudah dirasakan manfaat pendirian pabrik Hankook di Indonesia.

Mengolah karet alam Indonesia dan mendatangkan devisa bagi negara. (anto)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda