Lewat Pengetesan Langsung, AccentWire Mampu Mengurangi Polusi

Rabu, 18/09/2019 06:33 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Polusi udara akhir-akhir ini menjadi isu yang hangat, apalagi Indonesia khususnya ibukota Jakarta termasuk kota dengan tingkat pencemaran udara yang tinggi. Karena itu, pemerintah pun gencar merumuskan beragam kebijakan-kebijakan untuk menekan polusi udara.

Salah satu wacana, tahun 2020 nanti ibu kota Jakarta akan memberlakukan pengujian emisi gas buang untuk syarat perpanjangan pajak kendaraan bermotor guna mengurangi tingkat polusi.

Accentwire, sebagai produsen wiring yang bergerak di industri otomotif juga menyambut positif kebijakan tersebut. Bahkan brand asli Indonesia ini menawarkan manfaat untuk membuat udara lebih bersih.

“AccentWire mampu memaksimalkan sistem kelistrikan pada kendaraan, sehingga pembakaran jadi lebih sempurna. Nah, selain efeknya meningkatkan performanya, secara teori pastinya akan berdampak pada emisi gas buang yang bakal lebih ramah lingkungan,” terang Indra Susanto, penemu sekaligus pemilik brand AccentWire yang bermarkas di kawasan Srengseng, Jakarta Barat.

Untuk membuktikan hal tersebut, Accentwire melakukan pengujian langsung bersama tim penguji dari kalangan jurnalis otomotif. Pengetesan menggunakan Toyota Innova type V 2004 bensin matic dengan odo meter yang sudah menunjukan angka 420.000 km.

Mobil ini dites di bengkel AFJ Motorsports di Jl. Basuki Rachmat, Duren Sawit, Jakarta Timur dengan alat uji emisi Technotest Mod 488. Sebelum dipasang AccentWire, saat diukur emisi gas buangnya lewat knalpot dan dalam kondisi putaran mesin idle, terukur di alat kadar CO-nya (karbon monoksida) mencapai angka 2,86%. Sementara CO2 (karbo dioksida) di angka 13,4% dan HC (hidro karbon) mencapai 223 ppm.

Seperti kita ketahui, ambang batas emisi gas buang menurut peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 05 tahun 2006, untuk mobil produksi di bawah tahun 2007 adalah CO tak boleh lebih dari 4,5%, di atas 2007 adalah 1,5%. Sedangkan HC batas maksimumnya adalah 1.200 ppm untuk produksi di bawah 2007, dan 200 ppm untuk produksi di atas 2007.

Kemudian, saat dipasang kabel AccentWire tipe Select Series ditambah dengan yang khusus koil, hasilnya kadar CO langsung turun secara drastis jadi hanya 0,11 % (turun 2,75 %). Sementara CO2 dan HC masing-masing jadi 13 % (turun 0,4 %) dan 204 ppm (turun 19 ppm).

“Kalau dilihat dari hasil CO- nya, mirip seperti mobil yang sudah menggunakan katalis. Lalu pengurangan nilai HC menunjukkan kalau sisa gas buang yang tidak terbakar jadi lebih sedikit. Pembakarannya lebih baik setelah pakai AccentWire. Tenaga naik luar biasa dan masa depan anak cucu kita akan lebih terjaga dengan kualitas udara yang lebih baik," terang Jimmy Lukita, praktisi otomotif. (adr)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Disupport Daihatsu, Ajak Pelanggan Setia Berkumpul Dalam Semangat Persahabatan di Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap