Kombinasi Saling Melengkapi, Kobexindo dan Foton Trucks Yakin Tumbuh Bersama

Selasa, 24/09/2019 13:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Foton Trucks asal Tiongkok yang sempat dijual di Indonesia lalu vakum dalam beberapa tahun terakhir, kini hadir kembali di Tanah Air dengan Agen Pemegang Merek (APM) baru.

PT Foton Pemasaran & Penjualan Indonesia bertindak sebagai APM dan PT Kobexindo Foton Indonesia sebagai distributornya.

Kobexindo, pada dasarnya ada dua hal. Kami kuat di aftersales service, sementara orang punya image produk China akan gagal di product support-nya,” jelas Sugianto Aritonang, National Sales Manager Truck PT Kobexindo Foton Indonesia kepada Mobilinanews di pameran tambang di Jakarta (20/9/2019).

“Jadi kita kombinasikan produk yang bagus dengan servis yang bagus, jadi dua-duanya jalan. Ini prinsip dasar kita kenapa mau join,” ungkap Pak Ari, sapaannya.

Kobexindo sendiri adalah perusahaan nasional yang telah puluhan tahun mengageni sejumlah merek alat berat dan kendaraan komersial untuk industri tambang.

Saat ini mengageni alat berat tambang merek Doosan dan Doosan Heavy Equipment asal Korea, NHL Rigid Truck, Mercedes Benz Truck, Tata Daewoo, Jungheinrich dan merek-merek dunia di bidang alat berat serta kendaraan komersial lainnya.

“Kami ada juga Daewoo truck yang kebanyakan off-road untuk mining. Kami di segmen tambang dan offroad sudah kenal semua, Kobexindo mau ada balanced-nya yang sektor On Road, pakai Foton. Karena Foton nanti untuk On Road semua. Strateginya begitu,” ungkap pria yang puluhan tahun bekerja di sejumlah pabrikan kendaraan komersial di dalam negeri ini.

“Kami re-branding, dengan manajemen dan strategi baru. Mungkin dulu Foton belum dapat partner yang kuat, saat ini sudah dapat partner yang pas. Kami kuat di product support, Foton kuat di product-nya,” jelas Pak Ari.  

Johans Kamajaya, Business Development Manager PT. Foton Pemasaran & Penjualan Indonesia selaku APM Foton yang baru menyebut kombinasi ini sejalan dan saling melengkapi. 

Kobexindo sendiri punya etos kerja yang baik. Turn over rendah, karena seluruh jajaran manajemennya tumbuh bersama,” ujar Johans. 

“Sesuai dengan slogannya, We Grow Together. Kita membangun merek yang sama-sama dari bawah, Kobexindo terkenal dengan kegigihannya,” tutupnya. (anto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag