WRC 2019: Lambungkan Toyota, Tanak Hanya Butuh 1 Kemenangan

Senin, 07/10/2019 04:01 WIB

mobilinanews (Inggris) - Ott Tanak sedang berada di posisi enak. Memimpin klasemen sementara 2019 FIA World Rally Championship (WRC), peluangnya sangat terbuka untuk kali pertama menjadi juara dunia reli mobil. 

Memenangi seri ke-12 WRC musim ini di Rally Inggris, Minggu (6-10-2019) petang atau tengah malam WIB, driver tim Toyota Gazoo Racing itu memantapkan posisi di klasemen kejuaraan dunia dengan total poin 240.

Unggul 28 poin atas Sebastien Ogier (Citroen) dan 41 angka atas Thierry Neuville (Hyundai).

Menggeber Toyota Yaris, sukses di rally Inggris diraih pereli Estonia itu dengan perjuangan keras merambah SS (Special Stage) berlumpur di kawasan hutan Wales.

Selain hujan, kabut tebal juga jadi rintangan tersendiri, sampai akhirnya ia finish dengan keunggulan 10,9 detik atas Neuville di posisi runner up. Ia meraih poin maksimal 25 angka, plus bonus 5 angka karena tercepat di Power Stage.

"Ini akhir pekan yang terasa sangat panjang dan berat, siang dan malam. Banyak sekali tekanan. Gap dengan yang lain tak pernah lebih dari 10 detik, kami harus maksimal di setiap stage," kata Tanak.

Ini kali ke-6 Tanak juara dalam 12 serial lomba 2019 yang sudah digelar. Sebelumnya ia juara di Rally Swedia, China, Portugal, Finlandia, dan Jerman.

Tinggal 2 seri sisa musim ini, Rally Catalunya di Spanyol dan Australia. Dengan surplus 28 poi saat ini maka Tanak akan meraih gelar dunia perdananya jika menang di catalunya pada 25-27 Oktober mendatang.

Namun, ia tak ingin terbebani hal itu meskipun target akhir adalah juara dunia.

"Masih ada dua seri sisa. Saya hanya perlu fokus di seri selanjutnya. Saat ini posisi memang nyaman, tapi dalam kejuaraan sebelumnya banyak sekali drama yang terjadi di saat-saat akhir kejuaraan," imbuh Tanak.

Rekan setimnya di Toyota, Kris Meeke, finish P4 di rally Inggris. Hasil ini membuat Toyota makin melambung di kejuaraan dunia manufaktur dan mengejar Hyundai dengan jarak 8 poin saja.

Saat ini Hyundai memimpin dengan angka 340 melawan 332. (rnp)

KLASEMEN SEMENTARA WRC 2019

1. Ott Tanak (Toyota/240)

2. Sebastien Ogier (Citroen/212)

3. Thierry Neuville (Hyudai/199)

4. Andreas Mikkelsen (Hyundai/102)

5. Kris Meeke (Toyota/98)

6. Elfyn Evans (Ford/90)

7. Jari-Matta Latvala (Toyota/84)

8. Esapekka Lappi (Citroenn/83)

9. Teemu Suninen (Ford/83)

10. Dani Sordo (Hyundai/72)

 

 

 

 

 

TERKINI
AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata Meneropong Target Penjualan Jutaan Unit Chery Secara Global