Luxury Car Opel Kapitan Berperan Sampaikan Info Pergerakan Pejuang RI

Sabtu, 15/08/2015 11:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Menjelang peringatan 70 tahun Republik Indonesia pada Senin (17/8), sudah selayaknya kita melakukan napak tilas sejarah dunia otomotif terkait sejarah kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Banyak mobil yang memiliki andil dalam sejarah perjuangan kemerdekaan RI, salah satunya Opel Kapitan. Mobil keluaran General Motors ini, mulai diproduksi tahun 1930 dan stop berproduksi tahun 1970.

Dalam memperjuangkan kemerdekan Republik Indonesia, Bung Tomo kerap menggunakan mobil pribadinya ini Opel Kapitan keluaran 1950 selama berperang melawan Belanda di Surabaya. Mobil bertransmisi 3 percepatan dengan kapasitas mesin 2.500 cc ini, di zamannya masuk kategori luxury car.

Diutarakan Bambang Sulistomo, putra Bung Tomo kepada Surabayakita.com, mobil dengan nopol N 1708 A, semasa perjuangan kemerdekaan sering digunakan mengunjungi rekan-rekan pejuang di tanah Jawa. Informasi pergerakan saat itu kerap disampaikan menggunakan mobil klasik ini.

Setelah lama tersimpan di rumah sahabat mendiang Bung Tomo, pada 10 November 2010 lalu, mobil yang dapat dipacu hingga 126 km per jam dan mampu menyemburkan tenaga hingga 54 hp, dihibahkan kepada Pemkot Surabaya. Saat ini, terpajang di museum perjuangan 10 November di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur.

Ayo satukan semangat, untuk maju Indonesiaku!

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag