14 Juta Kendaraan Hybrid Electric Vehicle Toyota Terjual di Seluruh Dunia

Kamis, 10/10/2019 01:01 WIB

mobilinanews (Banyuwangi) - Keberhasilan Toyota menghadirkan teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV) pada 1997 menjadikan produsen otomotif asal Jepang tersebut menjadi salah satu pionir kendaran ramah lingkungan di dunia.

Hybrid Synergy Drive (HSD) sebagai teknologi generasi terbaru dari pengembangan THS memotivasi Toyota untuk menghadirkan lebih banyak lagi line-up mobil HEV di pasar global dan menempatkan Toyota sebagai merek kendaraan ramah lingkungan terbesar di dunia saat ini.

“Teknologi HEV yang terus dikembangkan dan disempurnakan Toyota tak hanya menjadikannya sebagai pionir, tetapi juga produsen kendaraan ramah lingkungan terbesar di pasar global. Hampir semua line-up kendaraan global Toyota kini mempunyai varian HEV yang kehadirannya diterima pasar otomotif dunia,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy.

Bahkan pengembangan kendaraan ramah lingkungan melalui teknologi elektrifikasi sudah dimulai Toyota sejak awal 1990.

Selain berbasis Battery Electric Vehicle (BEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), Toyota juga mengembangkan kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-In Hybrid Electrid vehicle (PHEV) dalam upaya menjawab tantangan mobilitas masa depan untuk mengurangi pemakaian bahan bakar fosil dengan emisi CO2 yang rendah.

Sejumlah mobil konsep (concept car) dengan masing-masing platform elektrifikasi muncul.

Mengingat teknologi tersebut memiliki keunggulan yang berbeda-beda dan penggunaannya perlu memperhatikan situasi kondisi sumber energi di masing-masing negara, HEV merupakan kendaraan elektrifikasi yang lebih dulu diprioritaskan untuk diproduksi secara massal oleh Toyota.

Prius HEV adalah kendaraan hybrid pertama di dunia yang dikembangan Toyota dengan teknologi THS generasi I pada 1997 hingga 2003. Pada akhir 2003, Toyota menyempurnakan THS generasi I dengan menghadirkan THS generasi II.

Memadukan penerapan konsep rancangan Toyota New Global Architecture (TNGA), Toyota dengan teknologi HEV-nya mampu mengimpelementasikan teknologi HEV pada setiap line-up yang dimilikinya.

“Berbagai kemajuan yang dicapai dalam pengembangan teknologi HEV bersamaan dengan penerapan konsep rancangan Toyota New Global Architecture, menjadikan Toyota tidak hanya berhasil melahirkan kendaraan yang nyaman, tapi juga semakin efisien dan ramah lingkungan yang diterima pasar global. Hingga saat ini, Toyota dan Lexus telah memiliki lebih dari 40 model HEV di seluruh dunia dengan penjualan mencapai lebih dari 14 juta unit,” terang Anton.

Di Indonesia sendiri, Toyota sudah memulai memasarkan kendaraan elektrifikasi sejak tahun 2009 lewat Toyota Prius HEV.

Hingga saat ini, tercatat sudah lebih dari 2.200 unit kendaraan HEV Toyota dengan beragam model terjual di Indonesia. Antara lain Prius, Alphard HEV, Camry HEV, C-HR HEV, serta yang paling anyar adalah Corolla Altis HEV. (adr)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda