PPMKI Menjaga Tradisi Napak Tilas Ke Rengasdengklok

Minggu, 16/08/2015 06:21 WIB

mobilinanews (Jakartra)  - Memperingati  HUT ke-70 RI,  Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) melakukan napak tilas ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. Hajatan yang sudah menjadi tradisi PPMKI itu berlangsung pada Minggu, 16 Agustus 2015.

Rencana itu disampaikan Penasehat PPMKI, KRMT Roy Suryo. Menurut Roy, PPMKI bersama komunitas jeep kuno, Masyarakat Otomotif, dan Pelestari Sejarah bakal tetap menjalani tradisi napak tilas ke Rengasdengklok kendati tidak ada lagi dukungan dari pemerintah seperti tahun-tahun sebelumnya.

ppm

“Perjalanan kami dimulai dari Tugu Proklamasi pada Minggu (16/8) pukul 10:00 WIB. Kami dari PPMKI menjadi salah satu komunitas yang konsisten menjaga tradisi ini akan tetap melakoni tradisi napak tilas ke Rengasdengklok setiap tahunnya,” ungkap Roy kepada mobilinanews. Napak tilas akan diikuti sekitar 40 jip dan  mobil kuno anggota PPMKI.

Peristiwa Rengasdengklok memiliki hubungan yang sangat erat dengan momentum Kemerdekaan RI yang diploklamirkan Soekarno dan Mohammad Hatta di rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Menteng, Jakarta Pusat.

Kini, di tempat bersejarah buat bangsa didirikan Tugu Petir atau yang lebih dikenal dengan Tugu Proklamasi. Nama jalannya pun kini diubah jadi Jalan Proklamasi.

Kembali soal peristiwa Rengasdengklok yang terjadi pada 16 Agustus 1945. Kala itu, golongan pemuda yang antara lain Soekarni, Wikana (yang dalam perkembangan selanjutnya yang bersangkutan adalah Menteri Pemuda Pertama Indonesia), dan Chaerul Saleh menculik Soekarno dan Hatta.

Aksi itu dilakukan agar kedua pemimpin bangsa ini terbebas dari intervensi pihak luar, khususnya Jepang, dan segera memproklamirkan Kemerdekaan RI.

TERKINI
BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen Resmi Dibuka, The Elite Showcase 2024 Dorong Kemajuan Industri Otomotif Indonesia Brio Dominasi Panjualan Honda di April 2024