F1 Jepang 2020 : Vettel Pole Sitter, 6 Pembalap di Zona 1 Detik

Minggu, 13/10/2019 10:40 WIB

mobilinanews (Jepang) - Enam pembalap dari 3 tim papan atas hanya dipisahkan waktu di bawah 1 detik. Itu jaminan race GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (13-10-2019) siang nanti (pkl 14.10 waktu lokal atau pukul 12.10 WIB).

Sesi kualifikasi GP Jepang dilakukan pada Minggu (13/10) pagi untuk menghindari Super Typhoon yang diprediksi dan ternyata memporakporandakan sebagian wilayah Jepang pada Sabtu (12/10).

Hasilnya, Ferrari sukses menjadikan Suzuka sebagai Super Sunday dengan meraih posisi front row. Lewat Sebastian Vettel dan Charles Leclerc.

Tak sekadar pole, Vettel juga membukukan rekor baru di Suzuka dengan torehan waktu 1:27,064. Leclerc kalah tipis, hanya 0,189 detik.

Start terdepan memang keuntungan tersendiri di Suzuka. Jika ada team order The Prancing Horse untuk memenangkan salah satu pembalapnya tentu akan lebih mudah mengatur strateginya. Asalkan penerapannya tidak kacau seperti di Rusia.

Mercedes yang mengalahkan telak Ferrari pada sesi latihan Jumat lalu, kini menghuni posisi 3 dan 4 dengan gap kisaran 0,2 detik dari rivalnya.  Row 3 ditempati pembalap Red Bull, Max Verstappen dan Alex Albon.

Enam besar yang terpisah dalam jarak 1 detik saja membuat race bakal menarik sejak start hingga tuntas berputar-putar dalam 53 lap jatah balapan.

Itu sebabnya Vettel enggan bicara kemenangan. Tim lawan bisa saja berubah sebagaimana dialami Ferrari yang terseok saat latihan.

Ia sendiri mengaku kaget dengan perubahan yang dialami timnya.

"Ini di luar dugaan, kami semua tentu senang meraihnya. Tapi, ini baru sebagian dari pekerjaan berat. Yang lebih berat menunggu saat balapan beberapa jam ke depan," katanya.

Leclerc yang dalam 9 race sebelumnya selalu mengungguli Vettel, mengaku kali ini rekan setimnya itu memang lebih piawai di Suzuka.

"Namun, poin dihitung dalam race. Start 1-2 hal yang bagus buat tim," katanya.

Bottas yang tercepat dalam 2 sesi latihan awal pun menjanjikan bakal perlawanan menarik. Kekalahan di kualifikasi ia nilai tak lain karena Ferrari sedikit lebih cepat di trek lurus.

So, dalam sisa waktu beberapa jam, ia dan kru teknisnya sudah paham apa yang harus dilakukan menyongsong balapan.

"Kami akan coba lakukan semua hal untuk kalahkan mereka. Kami masih kuat. Dan, saat ini belum ada apapun yang hilang," tegasnya.

Start dari urutan 5 di bawah dukungan penuh Honda selaku tuan rumah, tentu saja keberadaan Verstappen tak bisa diabaikan.

Apalagi, sejak di Rusia lalu Honda memasok mesin baru pada besutannya. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Pre-book Rp410 Juta FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition BYD Motor Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD