Kunci Juara JSTC NA 2000, Umar Basalamah Peraih Tiket Pertama ke Sepang

Selasa, 15/10/2019 17:35 WIB

mobilinanews (Sentul) - Pembalap andalan Bank BJB Delta Garage Racing Team, Umar Basalamah menjadi pembalap pertama yang telah mengunci gelar juara JSTC meski ISSOM masih menyisakan 2 putaran lagi. 

Itu setelah pembalap yang juga seorang lawyer ini meraih podium 1 JSTC (Japan Super Touring Championship) 2000 NA putaran 5 ISSOM di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (13/10/2019).

Secara keseluruhan, Umar Basalamah juga P1 kelas Produksi Asia P1 STC2, P1 kelas FFA STC2, P1 keseluruhan Super Touring 2 serta P2 FFA JSTC.

"Wah seru, alhamdulillah. Dengan hasil kemarin, kayaknya sudah mengunci juara umum JSTC 2000 NA. Ya, tapi masih menunggu standing point official dari JSTC sih, biar nggak ngedahuluin," ujar Umar Basalamah kepada mobilinanews.

Sejak Free Practice hari Jumat, Umar Basalamah telah mencetak pace yang bagus. Trend positif itu berlanjut pada QTT hari Sabtu. Saat race day hari Minggu, Umar start dari posisi 2 overall JSTC dan posisi satu kelas. 

Jalannya perlombaan berlangsung ketat di mana Umar ditempel Benny Santoso (Sigma Speed) dan Yopie (B16 AP Speed).

"Tapi saya tetap tenang, ikuti strategi tim untuk tidak terlalu push karena target menjaga poin, dan alhamdulillah berhasil. Saya bisa finish 1 di kelas," terang suami Mouzalina itu.

Begitu finish, Umar mendapat informasi dari tim jika Benny Santoso DNF (tidak finish). Padahal, dia saingan terdekat alias posisi kedua klasemen.

Maka itu, dari hitung-hitungan di tim Delta Garage, Umar diklaim telah mengunci JSTC 2000 NA. Lalu, di Overall JSTC FFA, Umar juga masih leading dengan 18 poin dari peringkat kedua Adwitya Amandio (ABM Motorsport).

Dengan telah mengunci kelas JSTC 2000 NA tersebut, penunggang Honda Civic Estilo ini memastikan diri menjadi pembalap pertama juara umum 1 dari 5 kelas di JSTC.

Itu berarti Umar akan menjadi pembalap pertama yang akan terbang ke Malaysia, mengikuti kejuaraan balap mobil Asia di sirkuit Sepang tahun depan. Balap mobil di sirkuit Sepang merupakan reward dari Ferry Yanto Hongkiriwang selaku promotor JSTC.

Kegembiraan kelahiran Gorontalo, 30 Desember 1986 ini menjadi lengkap lantaran pada balapan selanjutnya di STC2 juga berhasil menjadi juara 1 overall maupun di kelas 2100 NA Asia Production, di STC2 FFA dengan point leading.

"Mudah-mudahan bisa juara umum di JSTC, dan juga STC. Yang STC masih belum ngunci juara sih hehe," pungkas Umar tersenyum. (bs) 

  

 

 

 

 

 

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing