F1 2019: Kerahkan 12.000 Suporter, Honda Kecewa di Suzuka

Selasa, 15/10/2019 19:18 WIB

mobilinanews (Jepang) - Pabrikan top Jepang, Honda, sudah lakukan banyak hal untuk menyongsong GP Jepang di sirkuit milik mereka sendiri, Suzuka.

Tapi, apa daya, asa yang dipupuk sejak 1991 pupus di lap pertama.

Honda memasok mesin baru buat Red Bull di GP Rusia dan rela diganjar penalti start dari belakang. Skenarionya, dengan mesin baru itu ada peluang menang di GP Jepang atau setidaknya podium.

Rencana brilian karena faktanya Max Verstappen dan Alexander Albon tampil apik di Rusia. Keduanya finish P4 dan 5.

Di Jepang, Honda lewat ExxonMobil memasok jenis bahan bakar baru buat RB14. Performa Red Bull pun apik di sesi kualifikasi.

Meski berada di grid 5, Verstappen hanya kalah tipis dengan driver Mercedes dan Ferrari. Ia salah satu dari 5 pembalap yang potensial berebut 3 tempat di podium.

Sayang, Verstappen terlibat insiden dengan Charles Leclerc di lap pembuka. Coba berjuang dari urutan 19, namun akhirnya driver asal Belanda itu menyerah dan berakhir di garasi tim. Di sisi lain, Albon sukses meraih P4.

Hasil itu jelas membuat kecewa petinggi Honda yang berharap bisa memetik kemenangan di Suzuka setelah kemenangan terakhir pada 1991 lewat Gerhard Berger (McLaren-Honda). Sebanyak 12.000 orang pekerja pabrik yang didatangkan sebagai suporter ikut kecewa.

"Hasilnya beda dengan ekspetasi kami semua. Kekecualian buat Albon," ucap Direktur Teknik Toyoharu Tanabe.

Tanabe mengapresiasi gairah penonton tuan rumah mendukng tim Honda. Terlebih keramaian yang dibuat 12.000 suporter khusus yang berada di grandstand tersendiri.

"Kali ini kami gagal memenuhi hasrat mereka. Tahun depan kami harus kembali dengan kekuatan lebih agar ada sesatu yang bisa dirayakan fans," imbuhnya. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda