Karakter Konsumen Bikin Penjualan Daihatsu Hi-Max Sepi Peminat

Selasa, 15/10/2019 21:23 WIB

mobilinanews (Bandung) – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) punya dua model andalan di segmen komersial ringan kelas pikap, yakni Grand Max dan Hi-Max.  

Daihatsu Hi-Max, salah satu model Kei-car kelas komersial yang akhirnya dijual resmi PT. ADM sejak 2016 silam, tampaknya harus tunduk pada seleksi alam. 

Karena pada kenyataannya, angka penjualan pikap bermesin 1.000 cc ini tertinggal jauh dari kakaknya yang lebih dahulu eksis, Grand Max.  

Merujuk data yang disebutkan manajemen PT ADM, perbedaan angka penjualan keduanya sangat mencolok dan signifikan bedanya. 

Per bulannya, rata-rata Grand Max pikap bisa terjual 1.500-an unit, sementara varian minibus di angka 1.000-an unit lebih sedangkan versi blind van bisa 5.000-an unit lebih. Hi-Max, hanya di bawah 10 unit per bulan. 

Selain faktor kalkulasi Down Payment (DP) dan cicilan yang tidak beda jauh dengan Grand Max, ternyata karakter konsumen yang bikin penjualan Daihatsu Hi-Max sepi peminat.

“Yang beli biasanya tinggal di jalan sempit, sesuai tagline Hi-Max ‘Jagoan jalan sempit’,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

Hal ini diungkapkannya di sela kegiatan media test drive New Daihatsu Sigra di Lembang, Jawa Barat (10/10/19).

“Karakter Grand Max atau Hi-Max beda banget. Di Jepang Hi-Max lebih banyak dipilih customer orang sana karena jalanannya sempit dan kecil,” ungkap Pak Hend, sapaannya. 

“Tapi pas kita bawa ke Indonesia kita pikir begitu, ada kesamaan tapi ternyata nanggung (DP dan cicilannya). Produk yang sama dari brand yang sama tapi customer profile yang beda dari negara yang beda. Akhirnya ya begitu nasibnya,” ungkapnya.

“Habit-nya beda, disini bawanya (angkutan) sekalian banyak,” tambahnya. Meskipun tercatat sangat sedikit terjual, produksi Hi-Max disebutnya masih berjalan. 

Wah, bagi penggemar Daihatsu, Hi-Max boleh juga, nih diburu. Bakal jadi rare-item! (anto)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda