Industri Logistik Semakin Pesat, Isuzu Siapkan Konsep Truk Masa Depan

Minggu, 27/10/2019 20:50 WIB

mobilinanews (Tokyo) – Ajang Tokyo Motor Show 2019 selain menampilkan mobil penumpang juga menghadirkan kendaraan komersial.

Deretan pabrikan commercial vehicle asal Jepang berlomba mempresentasikan model dan teknologi, salah satunya Isuzu. 

Mengusung tema “Create with you – for supporting Transportation”, Isuzu menampilkan truk fast moving GIGA generasi terbaru yang dikembangkan untuk menjadi truk kompetitif di masa depan.

Truk dengan desain futuristis ini dilengkapi fitur keselamatan seperti Blind Spot Monitor yang menerapkan radar gelombang milimeter. 

Fungsinya memantau area depan dan samping kendaraan serta membantu belokan yang aman di persimpangan atau saat berpindah jalur.

Selain itu diadopsi juga teknologi rem pre-crash brake system yang mampu mendeteksi pejalan kaki dan sepeda.

“Dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di Jepang, ada peningkatan yang signifikan dalam jumlah pengiriman barang,” ujar Masanori Katayama, President and Representative Director Isuzu  Motors Ltd.

“Sektor industri logistik pertumbuhannya makin pesat, oleh karenanya kami terus berinovasi untuk bisa memenuhi permintaan pasar khususnya industri logistik,” lanjutnya.
 
“Karena besarnya kerusakan dan kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan yang melibatkan truk dan bus relatif tinggi, kami memiliki tanggung jawab untuk tindakan keselamatan yang lebih ketat,” tegasnya. 

“Karena misi kami adalah untuk mendukung transportasi, kami sangat mementingkan optimasi logistik, dengan kata lain transportasi yang aman untuk orang dan barang,” ujar Masanori. 

Lebih lanjut, Msanori menyebut teknologi keselamatan canggih sedang dikembangkan untuk mencegah kecelakaan dan meminimalkan dampak tabrakan.

Selain truk GIGA terbaru, Isuzu juga memamerkan truk konsep dengan teknologi unggulanya yakni FL-IR (Future Logistic Intelligent Relay).

Truk ini siap menjadi truk masa depan yang kompetitif dengan dilengkapi teknologi canggih. Salah satunya adalah fitur otonom level 4 yang membuatnya sebagai alat transportasi tanpa batas dengan tema futuristis. 

Isuzu FL-IR direncanakan akan diperkenalkan ke publik paling cepat pada tahun 2025 mendatang. Isuzu juga menghadirkan Elf EV sebagai truk bertenaga listrik. 

Elf EV disebut menggunakan sebuah motor listrik dan baterai lithium ion generasi terbaru demi mendapatkan performa, efisiensi serta jangkauan jarak lebih luas. 

Sehingga bisa diandalkan sebagai kendaraan komersial yang efisien dan ramah lingkungan. (anto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Disupport Daihatsu, Ajak Pelanggan Setia Berkumpul Dalam Semangat Persahabatan di Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap