Toyota Yaris Kenceng di Ajang Balap Mobil Ternyata Ini Penyebabnya

Selasa, 29/10/2019 00:33 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kenapa New Toyota Yaris semakin banyak diminati para pembalap pada ajang balap mobil ISSOM di Sentul International Circuit, Bogor?

Tentu, hatchback andalan PT. Toyota Astra Motor ini memiliki keunggulan tersendiri dong.

"Yang pasti, Yaris cukup kompetitif. Baik versi mesin lama 1NZ maupun mesin generasi baru 2NR. Sudah terbukti 2 kali juara nasional," ujar Anton Hudijana, tuner TTI TRD kepada mobilinanews.

Yaris telah membuktikan itu dengan menjuarai kelas ITTC Max 1600 (sekarang ITCR Max) melalui Haridarma Manoppo pada tahun 2017 dan 2018.

Dengan bendera Toyota Team Indonesia TRD, pembalap senior itu mampu mewujudkan serangkaian keunggulan Yaris lainnya yakni memiliki akselerasi oke dan peranti safety paling mumpuni, baik di jalan raya maupun di sirkuit.

Anton menambahkan, bahwa mesin terbaru pada New Yaris dinilainya juga memiliki keunggulan dibanding versi mesin lama.

"Mesin terbaru yaitu 2NR menghasilkan torsi sedikit lebih baik dari mesin lama 1NZ," lanjut Anton Hudijana, yang juga menangani mobil Yaris pembalap belia talented Mirza Putra Utama.

Meski begitu, lanjut bos ASCO Motorsport ini untuk menjadi sang juara tak sekadar mengandalkan mesin mobil kenceng saja.

"Ada komposisi dasar yakni sasis dan suspensi, mesin, pembalap dan mekanik. Dengan paduan itu, akan melahirkan mobil kenceng sekaligus juara di sirkuit balap. Itu pun nggak bisa instan, by proses. Dan mesti ada progress setiap seri," pungkas Anton Hudijana. (bs)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag