Bupati Musi Banyuasin: Tak Mudah Hidupkan Kembali Sirkuit Skyland Yang Terbengkelai

Selasa, 12/11/2019 02:13 WIB

mobilinanews ( Sekayu) – Setelah 13 tahun lalu menjadi manajer tim Muba Auto Gymkhana Championship, kini H.Dodi Reza Alex kembali ke Skyland International Circuit untuk kembali membuat gebrakan.

Ya, gebrakan dengan menggelar event balap international yang pernah menjadi ciri khas sirkuit Skyland belasan tahun lalu.

Sirkuit balap permanen itu juga menjadi saksi sejarah di mana balap motor PON untuk kali pertama diselenggarakan di sirkuit karya monumental  Ir. H. Alex Noerdin yang saat itu menjabat sebagai Bupati Musi Banyuasin (Muba).

Kini, Sang Bupati adalah Dodi Reza Alex tak lain adalah putra dari Alex Noerdin yang kini menjadi anggota DPR RI di Senayan Jakarta dari Partai Golkar.

Dodi Reza Alex yang menyukai olahraga mengaku, tidaklah mudah menghidupkan kembali sirkuit yang belasan tahun tidak dirawat dan terbengkelai. Terutama meyakinkan anggota dewan, untuk menggelontorkan anggaran. 

“Tidak gampang meyakinkan orang-orang, meyakinkan kamar sebelah (anggota DPRD Muba), untuk mengembalikan marwah sirkuit Skyland pernah menggelar event bersejarah balap motor PON, Muba Asia Auto Gymkhana hingga balap motor Asia Nation,” terang Dodi Reza  Alex kepada mobilinanews.

Dodi Reza Alex yang ditemui di ruang kerjanya sebagai orang nomor satu di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (11/11/2019) malam mampu meyakinkan bahwa adanya sirkuit bisa menghasilkan multi effect dan kembangkan potensi wisata.

Maka kemudian sirkuit Skyland mendapat persetujuan direnovasi agar bisa kembali untuk menggelar event-event berkualitas, baik nasional maupun international.

“Setelah dua tahun terakhir dipakai ajang kejurnas balap motor motoprix, akhir tahun ini kami akan menggelar event lebin besar : Muba Asia Auto Gymkhana dan Muba Supermoto International,” ungkap Bupati  Dodi Alex Reza.

Dua event itu akan diselenggarakan pada 30 November – 1 Desember, dan 6-7 Desember 2019.

Agar bisa dipakai ajang balap international, renovasi pun kembali dilakukan terkait pelebaran lintasan dari 10 menjadi 20 meter sepanjang 100 meter  untuk event  auto gymkhana.

Serta menambahkan lintasan tanah di tengan sirkuit sepanjang 375 meter untuk venue event Muba Supermoto Asia.

“Dan saya pastikan, sirkuit tidak hanya untuk balap, tapi untuk pengembangan kegiatan kawula muda di Muba, untuk kegiatan bersepeda, sepatu roda, tampung balap liar hingga untuk olahraga lari,” pungkas Bupati Dodi Reza Alex. (bs)        

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda