Lorenzo, Tester Yang Diinginkan Valentino Rossi?

Selasa, 19/11/2019 04:03 WIB

mobilinanews (Valencia) - Valentino Rossi ingin pembalap penguji (test rider) di tim pabrikan Yamaha lebih berkelas dari sebelumnya. Ia ingin pembalap yang mampu secara konsisten mengimbangi catatan waktu pembalap regular. 

Itu reaksi The Doctor saat Yamaha melepas Jonas Folger sebagai tester. Dua tester lainnya asal Jepang, Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane, tetap dipertahankan meski minim pengalaman di laga MotoGP.

Keduanya kini di bawah komando mantan kepala mekanik Rossi yang diberhentikan, Silvano Galbusera.

"Di era MotoGP modern, peran tim penguji sangat penting. Tak hanya memperkenalkan motor seperti masa lalu, tapi juga harus bisa memahami performa motor. Ia juga harus mengerti piranti baru, apakah lebih baik dari sebelumnya," katanya.

Karena itu Il Dottore meminta Yamaha memperkuat operasional tesnya dengan merekrut test rider yang mampu mengimbangi lap times seperti pembalap regular.

Dengan begitu maka data teknis yang dihimpun lebih nyambung dengan kebutuhan tim.

Entah kebetulan atau tidak, harapan Rossi itu disampaikan kala jumpa pers jelang GP Valencia, Kamis (14/11), Persis pada hari dimana Jorge Lorenzo secara resmi mengumumkan pensiun dini dari kompetisi MotoGP.

Yang pasti pemecatan Folger sebagai tester sudah terjadi pada hari sebelumnya.

Entah kebetulan atau tidak, tak lama kemudian berhembus rumor kalau Lorenzo dibidik menjadi tester tim Yamaha yang berarti kembali ke tim lamanya, tim yang sudah memberinya 3 gelar MotoGP.

Soal isu ini Lorenzo tidak membantah dan tidak juga mengiyakan. Ia hanya menjawab sekenanya dengan kalimat bermakna multi tafsir.

"Yang pasti saya masih akan berada di paddock MotoGP. Menonton balapan sembari menyeruput kopi."

Berada di paddock dalam situasi seperti itu umumnya memang kebiasaan para pembalap penguji ataupun pembalap cadangan.

Dan, dalam tiga hari terakhir belum ada lagi kelanjutan rumor itu. Apakah benar Lorenzo akan menjadi tester Yamaha? Ataukah tipikal Lorenzo itu yang sesuai dengan harapan Rossi?

Yuk ditunggu! (rnp)

 

 

 

TERKINI
OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya