MotoGP 2019 : Adiknya Celaka di Kesempatan Pertama, Ini Reaksi Marquez

Rabu, 20/11/2019 16:52 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Hari pertama Alex Marquez di atas Honda diwarnai kecelakaan parah yang menghancurkan satu unit RC213V spec 2019. Sang kakak, Marc Marquez, pun langsung tunjukkan kasih sayangnya dengan petunjuk teknis yang bisa jadi tak akan ia berikan ke pembalap lain.

Menggeber RC213V spec 2020, Marquez sendiri juga jatuh dengan jumpalitan pada hari pertama tes MotoGP di Valencia, Selasa (19-11-2019).

Seperti adiknya, Marquez tak terluka. Tapi, besutan 2020-nya rusak berantakan, sampai-sampai juara dunia 2019 ini memunguti beberapa serpihan motornya. Hanya membawa 1 motor 2020, ia harus lanjut sesi tes berikutnya dengan motor spec 2019.

Buat Marquez, kecelakaan itu suatu hal normal kala ia mencoba menggeber motor baru itu ke titik maksimal untuk lebih memahami karakternya.

Tapi, tidak demikian halnya kala melihat Alex mengalami kecelakaan pada debutnya sebagai rider Honda. Ia punya kekhawatiran tersendiri, soal kepercayaan diri sang adik.

"Saya bersyukur ia tak cedera. Saat celaka pada kesempatan pertama, kercayaan diri seorang pembalap bisa trurun drastis," kata Marquez yang tentu tak ingin hal itu terjadi pada adiknya.

Meski sudah resmi jadi rekan setim di Repsol Honda, dalam tes jelang musim 2020 ini, Alex berada di garasi tim LCR Honda.

Tidak satu garasi dengan abangnya sehingga komunikasi langsung sangat terbatas. Itu sebabnya Marquez merasa menyesal tak bisa menuntun adiknya sehingga alami kecelakaan di lap ke-8.

"Saat melihatnya menuju lintasan, saya berpikir situasi dan kondisinya terlalu cepat ia masuk. Saat itu mungkin baru ada 3 atau 4 pembalap di dalam lintasan. Saya berkata pada diri sendiri, wah dia belum tahu bagaimana karakter ban Michein dan perilaku motor MotoGP dalam kondisi dingin," cerita Marquez.

"Michelin bekerja dengan baik karena mereka membawa ban berkompon sangat lembut. Tapi, performanya sangat berbeda dalam suhu dingin, dan saat peristiwa itu cuaca sangat dingin. Ini pengalaman buatnya, kemudian tahap demi tahap akan menemukan sendiri caranya," lanjut Marquez.

Alex mengakui minta nasehat ke abangnya dan mendapat banyak arahan.

"Ini bukan awal yang bagus. Dibandingkan Moto2 banyak sekali yang harus saya pelajari. Dari hari pertama tes ini saya akan kerahkan semua kemampuan sampai siap bertanding di Qatar (seri pembuka 2020) nantinya," ungkap Alex.

Pada tes lanjutan di Sirkuit Jerez minggu depan, Alex akan tampil full dengan livery Repsol Honda. Ia juga diprediksi akan menjajal motor spek 2020 seperti yang digunakan abangnya. (rnp)

 

 

 

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh